UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SDN 1 CLURING BANYUWANGI

FIRMANSYAH, MOHAMAD YUNUS WAHYU (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SDN 1 CLURING BANYUWANGI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohamadyun-35217-2-babi.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohamadyun-35217-1-pendahul-n.pdf

Download (288kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diawali dari hasil observasi awal terdapat kesulitan yang dialami siswa SDN 1 Cluring Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi. Kesulitan yang dimaksudkan adalah siswa kurang berinteraksi dengan teman maupun dengan guru, siswa cenderung diam dan pasif apabila tidak memahami materi yang disampaikan oleh guru, dan kurangnya keberanian siswa dalam bertanya atau berpendapat. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sehingga ketuntasan belajar klasikal juga belum dapat mencapai ketuntasan minimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw serta mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada kelas V SDN 1 Cluring Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan penelitian kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada tanggal 3 Desember 2013 sampai dengan 20 Desember 2013 di SDN 1 Cluring Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi. Data penelitian berupa data hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes pada setiap akhir siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil tes evaluasi di setiap akhir siklus, hasil belajar IPA materi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat pada peningkatan persentase ketuntasan klasikal pada siklus 1 jika dibandingkan dengan siklus 2. Persentase ketuntasan klasikal pada siklus 1 sebesar 55,55% meningkat menjadi 88,9% pada siklus 2. Peningkatan hasil belajar tersebut membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup pada siswa kelas V SDN 1 Cluring Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 04 Apr 2016 12:06
Last Modified: 04 Apr 2016 12:06
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24580

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo