UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA MELALUI PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V SDN 1 PRIGI KECAMATAN WATULIMO KABUPATEN TRENGGALEK

DARPITA, NOVINDA IWANG (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA MELALUI PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V SDN 1 PRIGI KECAMATAN WATULIMO KABUPATEN TRENGGALEK. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-novindaiwa-35219-2-babi.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-novindaiwa-35219-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diawali dari hasil wawancara, terdapat adanya beberapa masalah dalam pembelajaran IPA, diantaranya perlu adanya penyempurnaan dalam penerapan model. Pembelajaran IPA melalui model role playing dijadikan suatu solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi sistem peredaran darah manusia. Adapun rumusan masalah yang ditentukan yaitu bagaimana penerapan pembelajaran IPA materi sistem peredaran darah manusia melalui model role playing dan bagaimana peningkatan hasil belajar IPA materi sistem peredaran darah manusia melalui penerapan model role playing. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran IPA materi sistem peredaran darah manusia melalui model role playing dan mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar siswa. Penelitian yang bertempat di SDN I Prigi Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek ini menggunakan teknik pengumpulan data diantaranya observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Pembelajaran ini dilaksanakan selama dua siklus. Siklus pertama dilaksanakan dua kali pertemuan dengan fokus pembelajaran adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sistem peredaran darah manusia. Siklus kedua dilaksanakan dua kali pertemuan dengan fokus pembelajaran mengacu pada tindakan I, akan tetapi lebih ditekan pada kemahiran prosedural dan memahami peran melalui model role playing. Selanjutnya teknik analisis data menggunakan penilaian sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran IPA dan ketuntasan klasikal dengan memberikan soal individu dan soal evaluasi yang digunakan untuk memantau perkembangan pemahaman siswa dari siklus pertama hingga siklus kedua. Hasil tes pembelajaran, diketahui rata-rata tes hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Ketuntasan belajar ditentukan sesuai dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 71. Siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 19 anak dengan persentase ketuntasan klasikal 57,57%. Sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas belajar mengalami peningkatan yang signifikan yaitu 29 anak dengan persentase 87,87%. Dengan demikian, penelitian sudah cukup dan dihentikan karena telah mencapai ketuntasan klasikal yaitu >75%. Dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN I Prigi Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 04 Apr 2016 12:02
Last Modified: 04 Apr 2016 12:02
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24577

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo