UMM Institutional Repository

INVENTARISASI PAKU-PAKUAN (Pteridophyta) SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI KAWASAN COBAN TALUN BATU

Khoiriyah, Miftahul (2004) INVENTARISASI PAKU-PAKUAN (Pteridophyta) SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI KAWASAN COBAN TALUN BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Paku-pakuan (Pteridophyta) merupakan salah satu tumbuhan yang sudah banyak dikenal dan dimanfaatkan masyarakat seperti halnya anggrek serta jenis tumbuhan lainnya. Sebenarnya paku-pakuan mempunyai susunan daun menarik, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman hias, selain itu juga dapat dimanfaatkan sebagai sayuran, obat-obatan, kosmetika dan lain-lain. Paku-pakuan banyak ditemukan didaerah lembab, sebagian besar ditemukan dilantai hutan hujan tropis. Jumlah jenis paku-pakuan tercatat sekitar 10.000 yang tersebar diseluruh dunia, di Indonesia berkisar antara1250 -1500 jenis dan di pulau Jawa tercatat sekitar 515 jenis. Penelitian paku-pakuan dari berbagai aspek telah banyak dilakukan oleh para ahli baik dari dalam maupun luar negeri. Namun khusus dikawasan Coban Talun belum pernah dilakukan penelitian mengenai paku-pakuan, padahal ditempat tersebut mempunyai banyak kekayaan paku-pakuan karena kondisinya yang cukup lembab, sehingga cocok sebagai habitat paku-pakuan sekaligus juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar lingkungan untuk mata pelajaran biologi. Tujuan penelitian untuk mengetahui jenis paku-pakuan dan jenis paku yang paling banyak mendominasi lokasi tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode jelajah (Cruise Methods) dan Belt transek. Penelitian dilaksanakan di Coban Talun tepatnya di Dukuh Junggo, Desa Talangrejo, Kecamatan Bumi aji, Batu pada bulan Desember 2003 - Januari 2004. Hasil penelitian ditemukan 21 jenis tumbuhan paku yang terdiri dari 13 suku dan 17 marga, dari 21 jenis tersebut hanya 6 jenis paku epifit (Polypodium sp, Belvisia revoluta (Bl) Copel, Asplenium nidus Linn, Phymatodes nigrescens (Bl) J.Sm.P, Davallia trichomonoides Bl, dan Selliguea heterocarpa (Bl) Fl.Jav) dan 15 jenis lainnya merupakan paku tanah (Adiantum sp, Pitirogramma calomelanos Link, Pitirogramma crysophylla (Sw) link, Spenomeris chusana (L) Copel, Neprolepis sp, Cyathea sp, Athyrium japonicum (Thbg) Copel.p, Dryoptheris sparsa (Don) O.Kunze, Angiopteris avecta (Forst) Hoffm, Gleichenia linearis (Burm) Clarke, Lycopodium cernuum L, Selaginella plana Hieron, Selaginella ornata Spring, Cyclosorus sp, dan Cyclosorus ferox (Bl) Ching.Bull). tumbuhan paku yang paling banyak mendominasi dataran adalah Cyathea sp, tebing Adiantum sp dan paku epifit banyak didominasi oleh Polypodium sp. Penggunaan alam sekitar / lingkungan salah satunya yang berada di Coban Talun Batu sebagai sumber belajar untuk mata pelajaran biologi, khususnya jika dikaitkan dengan materi paku-pakuan sangat tepat. Siswa ditempat tersebut akan melakukan pengamatan terhadap jenis paku, tempat hidup dan morfologi paku-pakuan dengan cara mengisi lembar pengamatan sederhana yang telah disediakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 04 Apr 2016 11:52
Last Modified: 04 Apr 2016 11:52
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24570

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo