UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING ANDCOMPOSITION (CIRC) UNTUKMENINGKATKAN KEMAMPUAN MENEMUKAN IDE POKOK PARAGRAF PADA SISWA KELAS V SDN JUWET II KABUPATEN KEDIRI

Arfani, Bakhtiar (2014) PENGGUNAAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING ANDCOMPOSITION (CIRC) UNTUKMENINGKATKAN KEMAMPUAN MENEMUKAN IDE POKOK PARAGRAF PADA SISWA KELAS V SDN JUWET II KABUPATEN KEDIRI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-bakhtiarar-35225-2-babi.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-bakhtiarar-35225-1-pendahul-n.pdf

Download (267kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diawali dari hasil observasi awal, diketahui kemampuan siswa kelas V dalam memahami suatu bacaan masih rendah, serta keaktifan siswa baik dalam menyampaikan pendapat maupun menanggapi siswa lain masih rendah. Hal ini menyebabkan siswa kesulitan dalam mencari ide pokok paragraf. Hal itu dikarenakan metode atau model pembelajaran (ceramah dan pemberian tugas) yang digunakan kurang efektif sehingga hasil belajar siswa terhadap materi menemukan ide pokok kurang optimal.Maka dari itu,metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC)dijadikan suatu solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia materi membaca teks dengan cepat untuk menemukan ide pokok. Adapun rumusan masalah yang ditentukan yaitu bagaimana penerapan metode pembelajaran CIRC dalam meningkatkan kemempuan menemukan ide pokok dan bagaimana peningkatan kemampuan menemukan ide pokok paragraf melalui penerapan metode CIRC. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapanmetode pembelajaran CIRC dalam meningkatkan kemempuan menemukan ide pokok dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan menemukan ide pokok paragraf. Penelitian yang bertempat di SDN Juwet II Kabupaten kediri ini menggunakan teknik pengumpulan data diantaranya observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Pembelajaran ini dilaksanakan selama dua siklus. Siklus pertama dilaksanakan dengan fokus pembelajaran untuk menemukan ide pokok paragraf pada paragraf deduktif dengan materi membaca teks dengan cepat untuk menemukan ide pokok. Siklus kedua dilaksanakan dengan fokus pembelajaran mengacu pada tindakan I, akan tetapi diperluas lagi menemukan ide pokok pada paragraf induktif dan deduktif. Selanjutnya teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan memberikan soal evaluasi yang digunakan untuk memantau perkembangan pemahaman siswa dari siklus pertama hingga siklus kedua. Hasil tes pembelajaran, diketahui rata-rata nilai tes hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 7siswa dengan persentase ketuntasan klasikal 63,6%. Sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas belajar mengalami peningkatanyaitu 9siswa dengan persentase 81,8%. Dengan demikian, penelitian sudah cukup dan dihentikan karena telah mencapai ketuntasan klasikal yaitu >75%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakanmetode pembelajaran CIRC dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menemukan ide pokok paragraf di kelas V SDN Juwet 2 Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 04 Apr 2016 11:49
Last Modified: 04 Apr 2016 11:49
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24567

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo