UMM Institutional Repository

STUDI INTENSITAS KUNJUNGAN KE PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI INDIKATOR MINAT BACA PESERTA DIDIK DI SDN PAGAK 01 KECAMATAN PAGAK KABUPATEN MALANG

INDAYANTI, YUNITA (2014) STUDI INTENSITAS KUNJUNGAN KE PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI INDIKATOR MINAT BACA PESERTA DIDIK DI SDN PAGAK 01 KECAMATAN PAGAK KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yunitainda-35261-2-babi.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yunitainda-35261-1-pendahul-n.pdf

Download (638kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diawali dari pentingnya kegiatan membaca yang dilakukan oleh setiap peserta didik di Sekolah Dasar yang menjadi dasar peserta didik dapat belajar dan memahami makna. Permasalahan yang saat ini terjadi ialah kurangnya kesadaran peserta didik untuk membaca bahkan membaca buku pelajaran. Berdasarkan hasil observasi di SDN Pagak 01 Kecamatan Pagak Kabupaten Malang bahwa telah memiliki sarana perpustakaan sekolah sendiri sebagai sarana membaca. Tetapi keberadaan perpustakaan sekolah tersebut hanya sebagai pelengkap saja. Sehingga perpustakaan sekolah terlihat sering tutup. Setelah adanya bantuan buku dari pemerintah, maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui intensitas kunjungan peserta didik untuk membaca di perpustakaan sekolah, koleksi buku yang sering dipinjam oleh peserta didik, tujuan peserta didik mengunjungi perpustakaan sekolah, pelayanan yang ada di perpustakaan sekolah, dan bagaimana minat baca peserta didik di SDN pagak 01 Kecamatan Pagak Kabupaten Malang. Penelitian yang digunakan adalah penelitian Deskriptif melalui pendekatan Kualitatif yang pada analisis datanya menggunakan 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1-6 yang mengunjungi perpustakaan sekolah dengan jumlah keseluruhan peserta didik adalah 387. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas IV, V, dan VI memiliki intensitas kunjungan lebih tinggi dari pada kelas I, II, dan III. Hal tersebut dipengaruhi oleh guru kelas masing-masing yang memberikan dorongan untuk berkunjung ke perpustakaan sekolah. Koleksi buku yang sering dipinjam oleh peserta didik di SDN Pagak 01 adalah buku bahasa dan sastra anak-anak. Tujuan peserta didik 98% berkunjung ke perpustakaan sekolah hanya untuk membaca, hanya 1% yang menyebutkan belajar dan mengantar teman. Pelayanan di perpustakaan sekolah menggunakan pelayanan terbuka yaitu peserta didik di perbolehkan untuk mencari dan memilih buku yang disukai untuk dibaca bahkan dipinjam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 04 Apr 2016 11:45
Last Modified: 04 Apr 2016 11:45
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24564

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo