UMM Institutional Repository

PENGARUH LAMA PENYIMPANAN DALAM KEMASAN PLASTIK DENGAN PENAMBAHAN KMnO4 TERHADAP MUTU BUAH PISANG (Musa parasidiaca L.)

MUSTIANAH, IRMA (2004) PENGARUH LAMA PENYIMPANAN DALAM KEMASAN PLASTIK DENGAN PENAMBAHAN KMnO4 TERHADAP MUTU BUAH PISANG (Musa parasidiaca L.). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Other
jiptummpp-gdl-s1-2004-irmamustia-120-Pendahul-n.PDF

Download (89kB) | Preview

Abstract

Pisang pada saat ini telah menjadi salah satu komoditi ekspor buah Indonesia. Mutu buah pisang yang baik sangat ditentukan oleh tingkat ketuaan buah dan penampakannya. Tingkat ketuaan berdasarkan umurnya, sedangkan penampakan yang baik diperoleh dari penanganan pascapanen yang baik. Tanpa penanganan pasca panen yang benar maka kerusakan dan penurunan mutu produk akan sangat besar. Satu kelemahan yang menjadi hambatan dalam pengembangan pemasaran buah pisang adalah mudah rusak dan masa simpan yang pendek. Saat ini cukup banyak teknologi pascapanen terutama yang berkaitan dengan proses perpindahan dari produsen ke konsumen. Salah satu teknologi pascapanen tersebut adalah penundaan kematangan dengan penyimpanan yang disertai beberapa perlakuan, yaitu penyimpanan dengan kantong plastik ditambah dengan zat penyerap etilen dalam hal ini yaitu dengan penambahan KMnO4, dimana KMnO4 ini salah satu bahan kimia yang mampu menyerap etilen jadi tingkat kematangan buah dihambat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lama penyimpanan dalam kemasan plastik dengan penambahan KMnO4 terhadap mutu buah pisang (Musa parasidiaca). Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen sesungguhnya dengan rancangan faktorial berdasarkan rancangan RAL. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 18 Januari 2004 – 11 Februari 2004 di laboratorium kimia. Variabel bebasnya : lama penyimpanan (0 hari, 3 hari, 6 hari, 9 hari, 12 hari, 15 hari, 18 hari, 21 hari dan 24 hari). Variabel terikat : kadar amilum, kadar gula reduksi, perubahan warna kulit buah, rasa, aroma dan tekstur. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Anova 2 faktor dan uji lanjut yaitu dengan BNT/LSD taraf signifikan 0,05. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa ada pengaruh lama penyimpanan dalam kemasan plastik dengan penambahan KMnO4 terhadap mutu buah pisang, dimana buah dengan penyimpanan hari ke-18 adalah buah yang siap dikonsumsi oleh konsumen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 04 Apr 2016 11:44
Last Modified: 04 Apr 2016 11:44
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24563

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo