UMM Institutional Repository

KETERAMPILAN MENJELASKAN GURU BIOLOGI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH DI KOTA MALANG

Sadali, Imam Agus (2004) KETERAMPILAN MENJELASKAN GURU BIOLOGI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH DI KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Other
jiptummpp-gdl-s1-2004-imamagussa-135-pendahul-n.PDF

Download (31kB) | Preview

Abstract

Dalam kegiatan belajar mengajar disekolah guru tidak lepas dari kegiatan menjelaskan, dimana melibatkan interaksi antara siswa dan guru. Keterampilan untuk menjelaskan sangat diperlukan dalam suatu proses belajar mengajar dan hal ini mencangkup hampir semua topik yang terdapat dalam kurikulum. Menjelaskan yang dilakukan oleh guru harus dapat menjawab pertanyaan “ mengapa? “ dan jawaban tersebut dapat menimbulkan pemahaman bagi siswa untuk meningkatkan keefektifan pembicaraan agar benar-benar didengarkan, karena pada umumnya pembicaraan lebih didominasi oleh guru dari pada oleh anak didik (Noorhadi, 1990). Penjelasan yang diberikan oleh guru terkadang kurang ditangkap dengan baik oleh anak didik. Hal ini tercermin dalam ucapan guru “sudah jelas bukan?” atau “dapat dipahami?” (Wiryawan. Sri A, 1990). Anak didik memerlukan penjelasan bila anak didik menghadapi hal baru, yang belum pernah diketahui sebelumnya. Karena tidak semua anak didik dapat menggali sendiri pengetahuan dari buku atau dari sumber lainnya (Djamarah. Syaiful B, 2000). Biologi merupakan salah satu cabang dari IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) yang mempelajari tentang mahluk hidup, tumbuhan dan lingkungan sekitarnya (Kamus Biologi, 2000). Biologi merupakan pelajaran yang banyak menggunakan istilah bahasa latin, atau kalimat yang berbahasa latin yang membutuhkan penjelasan dan pemahaman yang jelas, sebab hal ini berhubungan dengan mahluk hidup, tumbuhan dan alam sekitarnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterampilan menjelaskan guru biologi dalam proses belajar mengajar di SMA Muhammadiyah di kota Malang. Penelitian ini dilaksanakan mulai 3-10 Februari 2004 di 3 sekolah SMA Muhammadiyah di kota Malang. Populasi Ini adalah guru biologi di SMA Muhammadiyah di kota Malang dan sampelnya adalah guru biologi di SMA Muhammadiyah di kota Malang serta siswa sebagai responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara Kuisener atau angket. Dari hasil yang didapat bahwa di 3 SMA Muhammadiyah yaitu guru biologi A, guru biologi B dengan keterampilan menjelaskan 68.96 % (CUKUP) dan 73.82 % (BAIK, guru biologi C dengan keterampilan menjelaskan 82.33 (BAIK), dan guru biologi D dengan keterampilan menjelaskan 60.29%. Sedangkan siswa pada 3 Sekolah menyatakan bahwa keterampilan menjelaskan guru biologi di SMA Muhammadiyah di kota Malang Cukup. Penguasaan materi yang dikusai oleh siswa selama guru menjelaskan materi 60% - 80%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 04 Apr 2016 11:22
Last Modified: 04 Apr 2016 11:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24556

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo