UMM Institutional Repository

KESANTUNAN BERBAHASA SISWA KELAS V SDN MOJOLANGU I KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG

DEWI, EKA YUNISTA (2014) KESANTUNAN BERBAHASA SISWA KELAS V SDN MOJOLANGU I KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ekayunista-35783-2-babi.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ekayunista-35783-1-pendahul-n.pdf

Download (417kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diawali dari hasil observasi awal, terdapat adanya hal yang menarik perhatian dari peneliti yaitu adanya siswa yang sering kali menggunakan kata-kata atau bahasa yang kurang santun ketika sedang berbicara dengan guru atau dengan teman-temannya. Hal ini diperkuat dari hasil penjelasan dari guru yang telah menjadi nara sumber pada saat peneliti melakukan wawancara. Berdasarkan hasil pengamatan yang telah di lakukan oleh peneliti, ditemukan beberapa siswa yang juga menggunakan bahasa santun ketika berada di dalam kelas. Ada dua masalah dalam penelitian ini, yaitu: (a) bentuk tindak tutur kesantunan berbahasa siswa dan (b) konteks penggunaan kesantunan berbahasa siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (a) bagaimana bentuk tindak tutur kesantunan berbahasa siswa dan (b) bagaimana konteks penggunaan kesantunan berbahasa siswa yang terjadi pada subjek penelitian. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan penelitian kualitatif jenis studi kasus. Peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan merekam hasil pengamatan sebagai penunjang keberhasilan dan kelengkapan dalam mendapatkan data yang dibutuhkan oleh peneliti. Peneliti melakukan penelitian dengan metode observasi yaitu melakukan pengamatan langsung kepada subjek penelitian dan mencatat hasil atau mencatat semua kejadian yang terjadi pada saat peneliti melakukan pengamatan. Peneliti juga menggunakan metode wawancara yaitu mencari kebenaran data hasil observasi dengan mengajukan pertanyaan secara langsung kepada pihak-pihak yang bersangkutan terhadap kasus yang sedang diteliti. Untuk lebih mendapatkan data yang sesuai dengan keadaan sebenarnya dari subjek yang ingin di teliti maka peneliti juga menggunakan data yang didapatkan dari hasil rekaman yang di buat ketika peneliti mengamati keadaan di lapangan secara langsung. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti, dapat disimpulkan siswa kelas V SDN Mojolangu I Kecamatan Lowokwaru Kota Malang telah mampu untuk bertindak tutur secara santun dan siswa dapat menyesuaikan bagaimana kesantunan yang digunakan untuk berbicara kepada teman sebaya ataupun kepada guru dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 04 Apr 2016 11:20
Last Modified: 04 Apr 2016 11:20
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24555

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo