UMM Institutional Repository

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULISMELALUI METODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS V SDN DHOMPO I KECAMATAN KRATON KABUPATEN PASURUAN

ARTIQ, RAHMAWATI (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULISMELALUI METODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS V SDN DHOMPO I KECAMATAN KRATON KABUPATEN PASURUAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rahmawatia-35784-2-babi.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rahmawatia-35784-1-pendahul-n.pdf

Download (853kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diawali dari hasil observasi awal, terdapat kesulitan yang dialami siswa kelas V SDN Dhompo I Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis karangan. Kesulitan yang dimaksud adalah siswa kesulitan dalam menuangkan gagasannya kedalam sebuah paragraf siswa juga masih mengalami kesulitan dalam menulis karangan yang baik dan runtut. Hal ini dapat dimengerti karena dalam pembelajaran menulis karangan berorientasi pada guru serta belum digunakannya metode pembelajaran yang bervariasi. Siswa sebagai objek di dalam kelas yang mendengarkan penjelasan guru. Siswa menjadi bosan dan jenuh terhadap pembelajaran bahasa Indonesia. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa kstuntasan belajar siswa belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sehingga ketuntasan belajar secara klasikal juga belum dapat mencapai ketuntasan minimal. Penelitian ini bertujuan untulq (l) mendeskripsikan penggunaan metode Picture and Picture. (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar keterampilan menulis karangan setelah menggunakan metode Picture and Picture. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan penelitian kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada tanggal 2l November 2013 sampai dengan 30 November 2013 di SDN Dhompo I Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan. Data penelitian berupa data hasil belajar siswa yang berupa produk (karangan) pada setiap siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan produk. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif deskriptif. Berdasarkan analisis pembahasan penelitian, dapat diketahui (1) penggunaan metode Picture and Picturemembantu siswa memahami konsep menulis karangan yang baik secara konkrit. Pada dasarnya anak usia SD itu masih membutuhkan sesuatu yang konkrit untuk membuka pemahaman dan menggali pengalaman serta imajinasi siswa. (2) keterampilan menulis pada materi menulis karangan dengan menggunakan metode Picture and Picturemengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat pada peningkatan persentase ketuntasan klasikal pada siklus I jika dibandingkan dengan siklus II, persentase ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 63% meningkat menjadi 93% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar tersebut membuktikan bahwa penggunaan metode Picture and Picture dapat meningkatkan keterampilan menulis pada materi menulis karangan siswa kelas V SDN Dhompo I Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 04 Apr 2016 11:18
Last Modified: 04 Apr 2016 11:18
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24553

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo