UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN MEDIA IRISAN CANDRA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG STRUKTUR PANCA INDRA MANUSIA KELAS IV SDN KEMULAN 02 TUREN KABUPATEN MALANG

DAMAYANTI, RISCA YULINDA (2014) PENGGUNAAN MEDIA IRISAN CANDRA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG STRUKTUR PANCA INDRA MANUSIA KELAS IV SDN KEMULAN 02 TUREN KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-riscayulin-35785-2-babi.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-riscayulin-35785-1-pendahul-n.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas/guru bidang studi kelas IV SDN Kemulan 02 Turen Kabupaten Malang ditemukan bahwa hasil belajar siswa IPA rendah, diperkuat oleh nilai siswa dalam ulangan harian rendah. Penyebabnya: a) Pelajaran IPA materi panca indra manusiamerupakan pelajaran yang kurang menarik minat siswa karena dianggap sulit. b) Siswa masih terpusat pada pendidik dan mengandalkan konsep hafalan. c) Pembelajaran IPA pada materi panca indra manusia pada umumnya hanya pemberian kognitif (pengetahuan) dan kurang adanya pengalaman belajar dari siswa sehingga siswa kurang berminat untuk belajar d). Media yang digunakan kurang lengkap berkaitan dengan materi. e) Siswa masih terpusat pada guru sehingga siswa pasif dalam belajar. Sebab itu bagaimana Penggunaan Media Irisan Candra untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV. Penggunaan media irisan candra diterapkan dalam kerja kelompok siswa. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang memerlukan dua siklus. Subyek penelitian adalah mata pelajaran IPA pada semester ganjil tahun akademik 2013/2014, obyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kemulan 02 Turen Kabupaten Malang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I pada tanggal 1 dan 3 Agustus 2013 serta siklus II pada tanggal 5 dan 10 Oktober 2013. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Irisan Candra dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi panca indra manusia diketahui rata-rata Peningkatan ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 60,72% dan meningkat sebesar 82,14% pada siklus II. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa Penggunaan Media irisan Candra dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi panca indra manusia

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 04 Apr 2016 11:17
Last Modified: 04 Apr 2016 11:17
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24552

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo