UMM Institutional Repository

STUDI KUALITAS MADU LEBAH (Apis sp) DALAM KEMASAN BERLABEL DAN TIDAK BERLABEL YANG ADA DI PASARAN KOTAMADYA MALANG

ANDAYANI, YENI NOVI (2004) STUDI KUALITAS MADU LEBAH (Apis sp) DALAM KEMASAN BERLABEL DAN TIDAK BERLABEL YANG ADA DI PASARAN KOTAMADYA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Other
jiptummpp-gdl-s1-2004-yeninovian-137-Pendahul-n.PDF

Download (582kB) | Preview

Abstract

Madu merupakan bahan pangan yang mengandung nilai gizi yang tinggi. Telah berabad-abad lamanya madu diyakini memiliki potensi sebagai bahan pengobatan. Sejalan dengan meningkatnya kesukaan masyarakat akan makanan alami dan makanan kesehatan alami, maka konsumsi madu lebah terus meningkat. Para konsumem madu dalam membeli madu senantiasa memperhatikan kualitas madu. Rata-rata orang yang menjual madu di pasaran baik dalam kemasan berlabel maupun dalam kemasan tidak berlabel mengaku bahwasannya madu yang dijual merupakan madu asli, padahal pembeli belum tahu pasti mengenai kualitas dari madu tersebut. Untuk mengetahui kualitas madu, Departemen Perdagangan Republik Indonesia telah mengeluarkan suatu Standar Industri Indonesia (SII-0156-77) tentang mutu/ kualitas madu, diantaranya adalah kadar air maksimal 25%, kadar gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) minimal 60%, kadar sukrosa maksimal 8%, untuk rasa dan aroma normal Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui kualitas madu, yaitu ditinjau dari aspek kadar air, kadar gula pereduksi (glukosa dan fruktosa), kadar sukrosa serta uji organoleptik madu baik dalam kemasan berlabel dan tidak berlabel yang ada di pasaran Kotamadya Malang. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 25 Agustus s.d. 3 September 2003, di Laboratorium Kimia Universitas Muhammadiyah Malang. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian yang dilakukan adalah kualitas madu dalam kemasan berlabel dan tidak berlabel ditinjau dari aspek kadar air dari kemasan berlabel sudah memenuhi standar kualitas madu yang ditetapkan, sedangkan untuk madu dalam kemasan tidak berlabel hanya madu dengan notasi G tidak memenuhi stadar kualitas madu yang ditetapkan yaitu lebih dari 25%. Pada kadar gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) semuanya diatas 60% berarti sudah memenuhi standar kualitas madu yang ditetapkan. Untuk kadar sukrosa madu dalam kemasan berlabel merk Murni Nusantara dan merk Flora tidak memenuhi standar kualitas madu yang ditetapkan, sedangkan madu dalam kemasan tidak berlabel semuanya tidak memenuhi standar kualitas madu yang ditetapkan, yaitu lebih dari 8%. Untuk uji organoleptik (rasa dan aroma) madu berbeda-beda, pada kemasan berlabel para panelis menyukai madu dengan merk Multi Sari, sedangkan madu dalam kemasan tidak berlabel para panelis lebih menyukai madu dengan notasi H.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 04 Apr 2016 11:17
Last Modified: 04 Apr 2016 11:17
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24551

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo