UMM Institutional Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE Think-Pair-Share (TPS) DENGAN KARTU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS VIII-A SMP PGRI 01 NGAJUM

HIDAYAT, NURUL (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE Think-Pair-Share (TPS) DENGAN KARTU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS VIII-A SMP PGRI 01 NGAJUM. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurulhiday-35107-1-pendahul-n.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurulhiday-35107-2-babi.pdf

Download (34kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di kelas VIII-A SMP PGRI 01 Ngajum Kab. Malang pada mata pelajaran IPA menunjukkan bahwa bahwa pada saat proses pembelajaran berlangsung hanya sebagian kecil siswa yang terlibat baik saat kelompok ataupun mandiri, sebagian siswa terkadang terlihat mengobrol dengan temannya dan tidak memperhatikan materi yang disampaikan guru sehingga aktivitas belajar siswa rendah. Selain itu dari hasil wawancara dengan guru IPA di kelas VIII-A guru hanya sering menggunakan metode ceramah dan jarang menggunakan sebuah media, karena tidak semua media yang dimiliki sekolah dapat mendukung pembelajaran yang ada. Akibat dari permasalahan tersebut menyebabkan hasil belajar siswa sangat rendah. Hal ini dibuktikan dengan nilai ulangan harian pada materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Maksimal) yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Menunjukkan bahwa dari 28 siswa yang ada, memiliki persentase ketuntasan belajar hanya 53,57%, sedangkan persentase ketidaktuntasan mencapai 46,43%, dengan rata-rata kelas hanya 65,5. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini berupa pendekatan deskriptif kualitatif.Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) dengan kartu bergambar dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pada siswa kelas VIII-A SMP PGRI 1 Ngajum (2) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) dengan kartu bergambar pada siswa kelas VIII-A SMP PGRI 1 Ngajum (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) dengan kartu bergambar pada siswa kelas VIII-A SMP PGRI 1 Ngajum. Hasil penelitian menunjukkan bahwapenerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) dengan kartu bergambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pada siswa kelas VIII-A SMP PGRI 1 Ngajum. Berdasrkan hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase aktivitas belajar siswa selama pembelajaran siklus 1 sebesar 62,5% , sedangkan pada siklu 2 mengalami peningkatan menjadi 82,7 %. dan berdasrkan hasil belajar siswa siklus 1 menunjukkan siswa memperoleh nilai ≥ KKM yaitu 75 dengan persentase 61,5%, sedangkan hasil belajar siklus 2 menunjukkan bahwa siswa memperoleh ≥ KKM yaitu 75 dengan persentase 84,6%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Moch. sholeh
Date Deposited: 04 Apr 2016 10:55
Last Modified: 04 Apr 2016 10:55
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24539

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo