UMM Institutional Repository

PENGARUH BERBAGAI KONSENTRASI INSEKTISIDA TERHADAP DAYA TETAS TELUR IKAN MAS (Cyprinus carpio. L)

Rachmayanti, Rina Bayu (2004) PENGARUH BERBAGAI KONSENTRASI INSEKTISIDA TERHADAP DAYA TETAS TELUR IKAN MAS (Cyprinus carpio. L). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Other
jiptummpp-gdl-s1-2004-rinabayura-187-pendahul-n.PDF

Download (74kB) | Preview

Abstract

Insektisida merupakan substansi kimia yang umum digunakan sebagai pengontrol organisme yang tidak diinginkan. Mengingat kebutuhan dan kegunaan Insektisida maka telah banyak produk Insektisida yang beredar di masayrakat, dimana masing-masing jenis insektisida tersebut memiliki fungsi dan daya racun yang berbeda-beda. Disamping dapat membantu manusia dalam usaha mengatasi gangguan hama dan penyakit ternyata penerapan insektisida memberi pengaruh besar terhadap organisme atau lingkungan lain yang bukan sasaran. Hal ini dapat terjadi apabila residu insektisida masuk ke lingkungan baik diseganja maupun tidak. Dengan demikian, insektisida dapat digolongkan sebagai bahan pencemar (polutan). Dalam hal ini lingkungan yang paling sering tercemar adalah sungai, sementara dewasa ini para pembudidaya ikan banyak yang menggunakan air sungai untuk mengairi kolam-kolam pemeliharaan ikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Insektisida Endosulfan / Thiodan 70 WP terhadap daya tetes telur ikan mas, dan juga untuk mengetahui pada konsentrasi berapa ppm insektisida Endosulfan / Thiodan 70 WP yang paling berpengaruh pada penetesan telur ikan. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain Rancangan Acak Lengkap (RAL), dan dilaksanakan di Balai Benih Ikan Punten, pada biulan November 2003. perlakuan yang digunakan adalah pemberian insektisida dalam media penetasan telur ikan mas, dengan konsentrasi 0,00 ppm, 0,01 ppm, 0,02 ppm, 0,03 ppm, 0, 04 ppm dan 0,05 ppm. Masing-masing perlakuan diulang 7 kali. Analisis data dengan menggunakan ANAVA ( Analisis Varian Satu Arah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan pemberian insektisida Endosulfan / Thiodan 70 WP berpengaruh nyata terhadap daya tetes telur ikan mas. Pemberian berbagai konsentrasi insektisida terhadap daya tetes telur berpengaruh sangat nyata (P > 0,01). Dan pada perlakuan 0,05 ppm adalah konsentrasi perlakuan insektisida yang paling berpengaruh pada penetasan telur ikan mas, dengan jumlah telur yang menetas hanya 5, 714 persen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 04 Apr 2016 10:38
Last Modified: 04 Apr 2016 10:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24533

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo