UMM Institutional Repository

PENGARUH VARIETAS BUAH APEL DAN PROPORSI TEPUNG KETAN TERHADAP KUALITAS JENANG APEL

Samporna, Rina (2004) PENGARUH VARIETAS BUAH APEL DAN PROPORSI TEPUNG KETAN TERHADAP KUALITAS JENANG APEL. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Other
jiptummpp-gdl-s1-2004-rinasampor-757-pendahul-n.PDF

Download (97kB) | Preview

Abstract

Buah apel (Malus sylvestris Mill) termasuk salah satu buah yang ada di Indonesia khususnya Malang (Batu). Buah apel dibedakan menjadi dua yaitu apel grade merupakan buah apel pilihan apabila dijual harganya sangat mahal, sedangkan apel sub grade adalah apel yang harga jualnya sangat murah. Apel sub grade dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam olahan pangan salah satunya adalah jenang apel, diharapkan dapat meningkatkan nilai ekonomisnya. Jenang apel merupakan salah satu produk olahan apel dengan rasa yang khas, penambahan proporsi berbagai varietas apel dan tepung ketan diharapkan dapat memperoleh kualitas jenang yang terbaik ( rasa, warna dan tekstur ). Jenang apel yang ada umumnya mempunyai tekstur yang keras dan rasa apelnya kurang terasa, oleh karena itu perlu dilakukan usaha untuk memperbaiki kualitas jenang apel dengan menggunakan berbagai varietas apel serta proporsi apel dan tepung ketan yang tepat atau sesuai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui kualitas jenang apel yang paling baik dilihat dari segi rasa, warna, tekstur dan vitamin C pada berbagai varietas apel, antara lain : Manalagi, Anna dan Rome Beauty. Penelitian ini dilakukan di laboratorium kimia pada tanggal 12-16 januari 2004. Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental semu dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), dengan 15 perlakuan dan 3 kali ulangan. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah Stratified Random Sampling yaitu pengambilan sampel dari populasi yang mempunyai karakteristik yang berbeda-beda atau heterogen untuk mengambil buah apel Manalagi : 3500 g, Anna : 3500 g, dan Rome Beauty : 3500 g serta penambahan tepung ketan 4500g. variabel bebasnya beberapa varietas buah apel Manalagi, Anna, Rome Beuaty dan proporsi tepung ketan. Variabel terikatnya kualitas jenang apel dan kandungan vitamin C. variabel kontrolnya suhu pemanasan (800C), lama pemanasan (± 90 menit) dan lama blanching (± 5 menit) Analisa perhitungan kadar vitamin C ditentukan dengan menggunakan metode Jacob, sedangkan uji organoleptik jenang apel ditentukan oleh panelis. Untuk Analisa Dua Faktor dan dilanjutkan Uji Duncan’s 5 % di dapatkan bahwa perlakuan yang memberikan kandungan vitamin C tertinggi adalah perlakuan A3K5 dengan menggunakan varietas apel Rome Beauty dengan proporsi apel dan tepung ketan 900 g : 100 g, yaitu sebesar 2,03 mg/100g. Pada Uji organoleptik terhadap rasa dan tekstur jenang apel yang paling disukai yaitu pada perlakuan A2K2 dari varietas apel Anna dengan proporsi apel dan tepung ketan 600 g: 400 g, sedangkan warna jenang apel yang paling disukai adalah perlakuan A2 (Varietas apel Anna). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kadar vitamin C yang paling banyak adalah pada apel Rome Beauty, sedangkan hasil organoleptik jenang apel yang berkualitas baik adalah dari Varietas apel Anna.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 04 Apr 2016 10:36
Last Modified: 04 Apr 2016 10:36
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24532

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo