UMM Institutional Repository

KAJIAN SUKSESI VEGETASI DI KAWASAN GUNUNG PANDERMAN SETELAH KEBAKARAN TAHUN 2002

Ans, Benti (2004) KAJIAN SUKSESI VEGETASI DI KAWASAN GUNUNG PANDERMAN SETELAH KEBAKARAN TAHUN 2002. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Other
jiptummpp-gdl-s1-2004-bentians99-760-pendahul-n.PDF

Download (94kB) | Preview

Abstract

Gunung Panderman adalah gunung yang mempunyai fungsi cukup besar, salah satunya adalah fungsi ekologi antara lain sebagai penyimpanan air dan sebagai tempat tinggal beberapa satwa antara lain burung dan kera. Tumbuhan yang dominan adalah eucalyptus dan pinus. Pada akhir tahun 2002 Panderman mengalami kebakaran besar tipe kebakaran peermukaan (surface fire) membuat rusaknya areal hutan seluas 85 hektar. Sisa api yang belum padam dan terbawa tiupan angin membakar semak yang tebal dan kering yang merata pada permukaan tanah. Vegetasi, margasatwa dan jasad renik musnah, daya serap air tanah terhadap air menurun, lahan terbuka dan terjadi degradasi lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dinamika populasi tumbuhan penyusun suksesi awal dan mengetahui hubungan antara faktor habitat dengan dinamika populasi tumbuhan penyusun suksesi awal di areal bekas kebakaran tahun 2002, guna konservasi lingkumgan dan menunjang pengelolaan gunung Panderman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode petak kuadrat. Sedangkan pengamatan dilakukan setiap 2 (dua) minggu sekali dengan parameter pengamatan biotik meliputi perubahan kepadatan, frekuensi, dan luas penutupan. Pengamatan parameter habitat meliputi suhu udara, kelembaban udara, suhu tanah, kadar air tanah, bahan organik tanah, pH tanah dan karbon organik tanah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi dinamika populasi tumbuhan penyusun sulsesi awal pada bulan November tahun 2002 sampai dengan Maret tahun 2003. Dinamika populasi ini dapat dapat dilihat dari: 1) kenaikan jenis tumbuhan terjadi pada pengamatan ke 3 (17 Desember 2002); 2) perubahan kepadatan tertinggi pada I. cylindrica Beauv, Cyathea sp, terjadi bergantian; 3) perubahan luas penutupan tertinggi pada I. cylindrica Beauv, Cyathea sp, dan M. gratum A.Camus secara bergantian; 4) perubahan frekuensi tertinggi antara I. cylindrica Beauv, Cyathea sp, M. gratum A.Camus, dan P. purpurascens A.Br et Bouche 5) nilai penting tertinggi terjadi pada I. cylindrica Beauv, Cyathea sp, M. gratum A.Camus; 6) terdapat hubungan yang nyata antara bahan organik tanah, kadar air tanah, karbon organik tanah dan suhu tanah terhadap dinamika populasi tumbuhan penyusun suksesi awal di areal bekas kebakaran tahun 2002 Gunung Panderman; 7) suhu udara, kelenbaban udara, dan pH tanah tidak memiliki hubungan yang nyata terhadap dinamika populasi tumbuhan penyusun suksesi awal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 04 Apr 2016 10:30
Last Modified: 04 Apr 2016 10:30
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24525

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo