UMM Institutional Repository

HUBUNGAN HASIL BELAJAR DENGAN POLA ASUH ORANG TUA SISWA PADA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012 / 2013 DI SDN PAGERGUNUNG 1 KABUPATEN BLITAR

HARTIWI, LUCHY BUDI (2014) HUBUNGAN HASIL BELAJAR DENGAN POLA ASUH ORANG TUA SISWA PADA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012 / 2013 DI SDN PAGERGUNUNG 1 KABUPATEN BLITAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-luchybudih-35829-2-bab1.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-luchybudih-35829-1-pendahul-n.pdf

Download (656kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan tolak ukur keberhasilan suatu proses belajar yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Sehingga guru memberikan berbagai macam usaha dan upaya selama proses belajar. Keberhasilan belajar yang maksimal merupakan harapan guru dan orang tua. namun dalam kenyataannya belum menunjukkan hasil yang maksimal. Hal ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satu diantaranya yaitu pola asuh orang tua yang merupakan tempat pendidikan anak yang pertama dan utama. tujuan penelitian ini antara lain: (1) mengetahui hasil belajar yang diperoleh siswa, (2) mengetahui pola asuh yang diterapkan oleh masing-masing orang tua, (3) mengetahui besarnya hubungan pola asuh dengan hasil belajar siswa, dan (4) mengetahui hubungan antara keduanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan subjek penelitian siswa SDN Pagergunung 1 pada sampel 91 siswa beserta orang tuanya. Pengumpulan data dengan menggunakan studi dokumentasi hasil belajar siswa dan kuisioner pola asuh orang tua yang dilaksanakan pada tanggal 2 s/d 4 desember 2013. Hasil analisa menunjukkan bahwa 4 siswa (4%) mendapat kriteria penilaian baik sekali, 39 siswa (43%) mendapat kriteria penilaian baik, 41 siswa (45%) mendapat kriteria penilaian lebih dari cukup, 5 siswa (6%) mendapat kriteria penilaian cukup, dan 2 siswa (2%) mendapat kriteria penilaianhampir cukup. Analisis pola asuh orang tua menunjukkan bahwa 11 orang tua (12%) menerapkan pola asuh demokratis dan 80 orang tua (88%) menerapkan pola asuh situasional. Siswa yang diasuh oleh orang tua yang menerapkan pola asuh demikratis memiliki hasil belajar dengan kriteria cukup (3 siswa), lebih dari cukup (5 siswa), dan baik (3 siswa). Sedangkan siswa dengan pola asuh situasional mendapatkan hasil belajar dengan kriteria baik (36 siswa), lebih dari cukup (36 siswa), baik sekali (4 siswa), cukup (2 siswa) dan hampir cukup (2 siswa). Orang tua yang tanggap atau peka terhadap situasi dan kondisi siswa akan lebih berdampak positif terhadap hasil belajar siswa, sebaliknya jika orang tua tidak peka atau tanggap dengan situasi dan kondisi siswa maka berdampak negatif terhadap hasil belajar siswa. Analisa statistik menggunakan program computer SPSS versi 22.00 menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar siswa dibuktikan dengan hasil perhitungan koreasi product moment sebesar (r=0,314) dengan nilai signifikansi (p=0,043) pada tingkat signifikansi 5%. Koefisiensi determinan (r2=0,099) berarti 9,9% pola asuh memberikan sumbangan efektif terhadap hasil belajar siswa, sedangkan 90,1% disumbangkan dari aspek lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 04 Apr 2016 10:26
Last Modified: 04 Apr 2016 10:26
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24521

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo