UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MEDIA MACROMEDIA FLASH PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN PENDEM 01 KECAMATAN JUNREJO KOTA BATU

PUTRA, MUCH. ARISNA (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MEDIA MACROMEDIA FLASH PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN PENDEM 01 KECAMATAN JUNREJO KOTA BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mucharisna-35831-2-babi.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mucharisna-35831-1-pendahul-n.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara guru kelas SDN Pendem 01 pada siswa kelas V untuk pembelajaran IPA, menunjukkan bahwa siswa kurang memahami pembelajaran IPA khususnya materi peredaran darah, sehingga hasil belajar siswa rendah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya penggunaan media atau metode yang menarik dalam pembelajaran. Oleh karena itu perlu digunakan media pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman agar hasil belajar siswa meningkat. Alternatif media pembelajaran yang dapat digunakan yaitu media Macromedia Flash. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pendem 01 Kecamatan Junrejo Kota Batu, dengan subjek siswa kelas V yang berjumlah 24 siswa dengan perincian siswa laki-laki 10 dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media Macromedia Flash pada pembelajaran IPA, dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pembelajaran IPA dengan menggunakan media Macromedia Flash. Untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa dalam proses pembelajaran dilaksanakan tes formatif pada akhir siklus. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan media Macromedia Flash dalam pembelajaran IPA kelas V SDN Pendem 01 Kecamatan Junrejo Kota Batu terbukti meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan pada siklus I nilai rata-rata adalah 60,67 dan ketuntasan klasikal 54,2%. Kemudian pada siklus II, nilai rata-rata adalah 75,17 dan ketuntasan klasikal menjadi 87,5%. Secara keseluruhan media Macromedia Flash yang digunakan layak sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi peredaran darah kelas V SDN Pendem 01 Kecamatan Junrejo Kota Batu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 04 Apr 2016 10:20
Last Modified: 04 Apr 2016 10:20
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24515

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo