UMM Institutional Repository

IDENTIFIKASI TUMBUHAN LUMUT (Bryophyta) DI SUKAMADE TAMAN NASIONAL MERU BETIRI KABUPATEN BANYUWANGI

TAUHID, MUHAMMAD (2004) IDENTIFIKASI TUMBUHAN LUMUT (Bryophyta) DI SUKAMADE TAMAN NASIONAL MERU BETIRI KABUPATEN BANYUWANGI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2004-muhammadta-481-PENDAHUL-N.pdf

Download (44kB) | Preview

Abstract

Taman Nasional merupakan kawasan alam yang mempunyai ekosistem asli dan dikelola dengan sistem zonasi. Salah satu kawasan Taman Nasional adalah Meru Betiri yang memiliki berbagai formasi. Kawasan ini sebagai sumber plasma nutfa, sehingga keberadaan flora dan fauna dari tingkat rendah sampai tingkat tinggi yang ada di dalamnya perlu dilestarikan. Lumut salah satu flora tingkat rendah yang mempunyai peranan penting dalam kehidupan namun kurang mendapat perhatian. Peranan lumut dalam kehidupan diantaranya pada marga Sphagnum yang mampu mengubah sistem perairan menjadi daratan. Sphagnum yang telah mengering dapat digunakan sebagai bahan bakar, sebagai pengganti kapas dalam pembedahan, sebagai pembungkus peralatan medis yang telah disterilkan. Selain itu Sphagnum juga dapat dugunakan untuk pengiriman bunga ke tempat yang jauh, sebab kulit batang Sphagnum bersifat seperti spon. Tumbuhan lumut juga dapat dugunakan sebagai bahan obat seperti pada marga Marchnthia. Lumut berperan juga dalam mengisi vegetasi yang tinggi dan mendominasi areayang luas. Selain itu lumut dapat mengahambat proses erosi karena lumut mempunyai daya simpan air yang besar terutama pada bangsa Bryopsida. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis tumbuhan lumut yang terdapat di Sukamade Taman Nasional Meru Betiri dan untuk mengetahui parameter ekologi yang terdapat di Sukamade Taman Nasional Meru Betiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripsi yang menggambarkan kondisi alam yang ada di lokasi penelitian. Tempat dan waktu penelitian dilaksanakan di Sukamade Taman Nasional Meru Betri Kabupaten Banyuwangi pada tanggal 25 Desember 2003 sampai 25 januari 2004. Populasi dalam penelitian ini adalah semua tumbuhan lumut yang terdapat di Sukamade Taman Nasional Meru Betiri. Sedangkan sampel penelitian ini adalah tumbuhan yang ditemukan disepanjang tepi kanan dan kiri jalan masuk pantai Sukamade. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode jelajah bebas (Cruis method). Adapun tekhnik pengumpulan data diperoleh dengan mengamati tumbuhan lumut yang terdapat disepanjang tepi kanan dan kiri jalan masuk pantai Sukamade. Tumbuhan lumut yang ditemukan diidentifikasi dan dicocokkan dengan kunci identifikasi menurut Conard dan Redfern,1989. Hasil pengamatan tumbuhan lumut yang terdapat di Sukamade diperoleh tiga suku tumbuhan lumut yang tumbuh epifit, termasuk suku Calynperaceae, Thuidiaceae, dan Hypnaceae. Terdapat lima suku tumbuhan lumut yang tumbuh di atas permukaan tanah termasuk dalam suku Anthocerotaceae, Ricciaceae, Marchanthiaceae, Dicranaceae, dan Fissidentaceae. Dua suku tumbuhan lumut yang termasuk dalam suku Bryaceae dan Aneuraceae ditemukan hidup menempel pada batu-batuan. Tumbuhan lumut yang ditemukan di Sukamade merupakan basah sehingga pada tepi kanan dan kiri jalan masuk pantai Sukamade yang basah sangat cocok sebagai tempat tumbuh tumbuhan tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 04 Apr 2016 10:02
Last Modified: 04 Apr 2016 10:02
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24500

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo