UMM Institutional Repository

PENGARUH EKSTRAK BAWANG MERAH (Allium cepa L) DAN EKSTRAK BAWANG PUTIH (Allium sativum L) TERHADAP PERTUMBUHAN STEK BUNGA MAWAR (Rosa sinensis L)

SETYOWATI, TITIK (2004) PENGARUH EKSTRAK BAWANG MERAH (Allium cepa L) DAN EKSTRAK BAWANG PUTIH (Allium sativum L) TERHADAP PERTUMBUHAN STEK BUNGA MAWAR (Rosa sinensis L). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Other
jiptummpp-gdl-s1-2004-titiksetyo-651-pendahul-n.PDF

Download (48kB) | Preview

Abstract

Mawar yang dikenal dengan sebutan “Ratu Bunga” memiliki kharisma tersendiri dalam simbol-simbol religi dan tatanan kehidupan manusia. Disamping itu, bunga mawar merupakan komoditas yang bermanfaat sebagai bahan obat, pewangi dan pengindah tata lingkungan. Mawar memiliki nilai ekonomi dan sosial yang cukup tinggi untuk dijadikan komoditas perdagangan atau komersial. Salah satu upaya untuk meningkatkan produksi mawar adalah melalui kegiatan pembudidayaan tanaman misalnya dengan cara stek. Perbanyakan tanaman dengan cara stek akan memperoleh tanaman baru yang mempunyai sifat sama dengan induknya dengan cara yang sederhana dan juga tidak membutuhkan waktu lama. Supaya perkembangbiakan stek berhasil dengan baik maka perlu ditambahkan zat pengatur tumbuh, yaitu ekstrak bawang merah (Allium cepa L) dan ekstrak bawang putih (Allium sativum L). Dimana dalam ekstrak bawang merah mengandung senyawa allithiamin yang dapat mempengaruhi proses fisiologis pada stek mawar karena allithiamin mudah diserap oleh tubuh tanaman. Sedangkan tanaman bawang putih mengandung hormon scordinin yang kandungannya setara dengan auksin yang efektif dalam proses germinasi dan pengeluaran akar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah jenis zat perendam dan konsentrasinya berpengaruh terhadap pertumbuhan stek mawar (Rosa sinensis L).Jenis penelitian ini adalah eksprimen nyata dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 14 kombinasi perlakuan dan 3 kali ulangan. Populasi yang digunakan adalah batang mawar yang ukurannya 20 – 30 cm dengan diameter sebesar 1 cm yang berwarna kecoklatan yang diambil dari Kecamatan Bumiaji, Batu, sampel yang digunakan 42 batang tanaman mawar, penelitian dilakukan di Bumiaji, Kota Batu mulai 24 Agustus sampai 22 Oktober 2003. Dari hasil uji anava 1 jalur bahwa pemberian ekstrak bawang merah dengan konsentrasi 75% (A5) dan ekstrak bawang putih dengan konsentrasi 60% (B4) memberikan hasil terbaik untuk pertumbuhan panjang akar, panjang tunas dan jumlah tunas. Dan pada kombinasi perlakuan ekstrak bawang merah pada konsentrasi 60% (A4) dan ekstrak bawang putih pada konsentrasi 75% (B5) memberikan hasil terbaik untuk jumlah daun. Sedangkan pemberian ekstrak bawang merah pada konsentrasi 90% (A6) dan ekstrak bawang putih pada konsentrasi 75% (B5) memberikan hasil terbaik untuk luas daun.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 04 Apr 2016 09:58
Last Modified: 04 Apr 2016 09:58
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24496

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo