UMM Institutional Repository

PENGARUH BERBAGAI KONSENTRASI MINUMAN PROBIOTK YAKULT TERHADAP JUMLAH KOLONI BAKTERI Salmonella typhi SECARA IN VITRO

KHOIRIYAH, KHOIRUNNISA (2014) PENGARUH BERBAGAI KONSENTRASI MINUMAN PROBIOTK YAKULT TERHADAP JUMLAH KOLONI BAKTERI Salmonella typhi SECARA IN VITRO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-khoirunnis-35649-1-pendahul-n.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-khoirunnis-35649-2-babi.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Yakult adalah minuman susu fermentasi yang melibatkan bakteri menguntungkan yaitu Lactobacillus casei. Bakteri seperti pada minuman probiotik yakult ini dapat menekan pertumbuhan bakteri yang bersifat patogen (merugikan) ini dikarenakan terbentuknya asam laktat yang menjadikan kondisi asam padasaluran cerna mengakibatkan pertumbuhan bakteri patogen seperti Salmonella typhiakan di hambat. Salmonella typhi merupakan bakteri penyebab diare yang disertai demam tifoid (tifoid fever) yang diawali demam lebih dari seminggu dan kondisi tubuh seseorang seperti akan menderita flu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari berbagai konsentrasi minuman probiotik yakult dalam menurunkan jumlah pertumbuhan bakteri Salmonella typhi, untuk mengetahui KHM (Kadar Hambat Minimum) dan KBM (Kadar Bunuh Minimum) konsentrasi pada minuman probiotik yakult terhadap bakteri Salmonella typhi, untuk mengetahui konsentrasi minuman probiotik yakult yang efektif dalam di sedikit atau mati setelah di beri perlakuan yakult sesuai dengan konsentrasi yang diberikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen sesungguhnya (True Experiment Research). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober-November 2011 di Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah bakteri Salmonella typhi yang di peroleh dari Laboratorium Mikrobiologi Universitas Brawijaya Malang dan di kulturkan di Laboratorium Biomedik FK selama 24 jam padasuhu 370C dengan kecepatan 1.5 X108. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan konsentrasi 0%-80% dengan jumlah ulangan sebanyak 3X ulangan. Hasil penelitian uji one way Anava diketahui ada pengaruh dari berbagai konsentrasi yakult terhadap bakteri Salmonella typhi. Hasil uji TukeyÂ’s pada konsentrasi 70% dan 80% mempunyai rata-rata jumlah koloni yaitu 0 bila dibandingkan konsentrasi yang lain. Jadi konsentrasi yakult yang efektif dalam menurunkan jumlah atau menghambat pertumbuhan koloni bakteri Salmonella typhi adalah pada konsentrasi 80%. Sehingga dalam penelitian ini terbukti bahwa yakult dapat menekan pertumbuhan bakteri Salmonella typhi yang dapat menyebabkan penyakit diare.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Moch. sholeh
Date Deposited: 04 Apr 2016 09:33
Last Modified: 04 Apr 2016 09:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24475

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo