UMM Institutional Repository

PENGARUH ASAM SITRAT DAN GULA TERHADAP MUTU SELAI DARI DAMI NANGKA VARIETAS NANGKA KUNIR (Artocarpus heterophyllus)

SUGIARTI, (2004) PENGARUH ASAM SITRAT DAN GULA TERHADAP MUTU SELAI DARI DAMI NANGKA VARIETAS NANGKA KUNIR (Artocarpus heterophyllus). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2004-sugiarti98-1174-pendahul-n.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

Buah nangka merupakan produk hortikultura yang dapat di konsumsi sebagai buah segar maupun dalam bentuk produk olahan. Salah satu produk olahan buah nangka adalah keripik buah. Pengolahan buah nangka menjadi keripik menimbulkan limbah sebanyak 65-80% dari berat keseluruhan dari buah nangka. Di samping kulit buah dan biji, dami nangka merupakan bagian buah nangka yang sering di buang atau merupakan limbah. Dami nangka menempati porsi cukup besar yaitu 40-50% dari total limbah yang dihasilkan. Agar dami nangka bermanfaat, bermutu tinggi dan memiliki nilai jual perlu adanya teknologi pengolahan pangan. Namun kebanyakan masyarakat membuang dami nangka begitu saja, karena banyak masyarakat yang belum mengetahui bahwa dami nangka mengandung pectin sehingga dapat di jadikan sebagai produk olahan di antaranya selai. Tujuan dan kegunaan penelitian ini mengetahui Pengaruh Asam Sitrat dan Gula terhadap Pembuatan Selai dari Dami Nangka Varietas Nangka Kunir (Artocarpus heterophyllus). Rancangan Percobaan dalam penelitian ini adalah menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) yang di susun secara factorial. Sedangkan untuk mengetahui perlakuan tersebut berpengaruh atau tidak berpengaruh di analisa anava(analisis varian) dan di lanjutkan uji BNT (Beda Nyata Terkecil). Dari hasil sidik ragam menunjukkan bahwa F hitung > f table yang berarti variasi konsentrasi Asam Sitrat dan Gula berpengaruh terhadap kualitas (kandungan gizi) selai yang meliputi Vitamin C, Kadar Air, Protein dan Organoleptik (warna, aroma, rasa, tekstur). Dari hasil penelitian di atas dapat di simpulkan bahwa untuk menghasilkan kadar vitamin C, kadar air (yang mendekati selai nangka), kadar protein, dan organoleptik (warna, aroma, rasa, tekstur) pada kombinasi A3G2 (Asam Sitrat 0,35% dan Gula 60%).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 04 Apr 2016 09:27
Last Modified: 04 Apr 2016 09:27
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24468

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo