UMM Institutional Repository

PENGARUH ASAM SITRAT DAN PEKTIN TERHADAP MUTU SELAI JAMBU BIJI BANGKOK (Psidium guajava L)

LUCIANARATIH, PRAPTI (2004) PENGARUH ASAM SITRAT DAN PEKTIN TERHADAP MUTU SELAI JAMBU BIJI BANGKOK (Psidium guajava L). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sebagian besar penduduk Indonesia sudah mengenal tentang jambu biji bangkok, namun sampai saat ini pemanfaatannya masih terbatas yaitu dinikmati secara langsung dan belum menyadari bahwa jambu biji bangkok dapat dibuat menjadi produk olahan buah yaitu selai. Selai memiliki nilai kalori yang cukup tinggi serta kandungan vitamin C. Dalam membuat selai sering timbul masalah yaitu selai terlalu encer atau kental. Oleh sebab itu kita harus diperhatikan dalam pemberian bahan penunjang yaitu asam dan pektin. Dengan adanya pengolahan jambu biji bangkok yang sederhana ini diharapkan dapat meningkatkan nilai ekonomis jambu biji bangkok dan masyarakat. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh asam sitrat dan pektin terhadap mutu selai jambu biji bangkok dan adakah interaksi antara asam sitrat dan pektin terhadap mutu selai jambu biji bangkok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian asam sitrat dan pektin terhadap mutu selaai jambu biji bangkok serta interaksi antara asam sitrat dan pektin terhadap mutu selai jambu biji bangkok. Populasi dalam penelitian ini adalah jambu biji bangkok dengan ciri-ciri buahnya besar, daging buah tebal, dan bertekstur renyah. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah jambu biji bangkok sebanyak 15000 gr. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium THP Universitas Muhammadiyah Malang pada tanggal 1 sampai 7 April 2003. Rancangan percobaan dalam penelitian ini adalah menggunakan rancangan acak lengkap yang disusun secara faktorial, sedangkan untuk analisis menggunakan anava dua faktor dan dilanjutkan ke uji Duncan. Dari hasil sidik ragam menunjukan bahwa F hitung > F tabel 5% berarti bahwa asam sitrat dan pektin pengaruh terhadap mutu selai jambu bij bangkok serta interaksi antara asam sitrat dan pektin berpengaruh terhadap mutu selai jambu biji bangkok. Dimana hasil yang terbaik penelitian ini adalah pada perlakuan asam sitrat 0.5% dan pektin 0.7%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa untuk menghasilkan selai yang berkualitas baik menggunakan asam sitrat 0.5% dan pektin 0.7%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 04 Apr 2016 09:23
Last Modified: 04 Apr 2016 09:23
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24466

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo