Karakteristik Pembakaran Heptana Pada Meso Scale Combustor Duralumin-Quartz Glass

Priutama, Aditiya Ameng and Soegiharto, Achmad Fauzan Hery and Mamungkas, Mohamad Irkham (2020) Karakteristik Pembakaran Heptana Pada Meso Scale Combustor Duralumin-Quartz Glass. In: Seminar Nasional Teknologi dan Rekayasa (SENTRA). Universitas Muhammdiyah Malang, Malang, Indonesia, pp. 137-144. ISBN 2527-6050

[thumbnail of Priutama Soegiharto Mamungkas - meso scale combustor saluran inlet flammability limit n-heptane.pdf]
Preview
Text
Priutama Soegiharto Mamungkas - meso scale combustor saluran inlet flammability limit n-heptane.pdf

Download (907kB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Priutama Soegiharto Mamungkas - meso scale combustor saluran inlet flammability limit n-heptane.pdf]
Preview
Text
Similarity - Priutama Soegiharto Mamungkas - meso scale combustor saluran inlet flammability limit n-heptane.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Meso scale combustor merupakan komponen suatu proses pembakaran dimana panas yang dihasilkan diubah menjadi energi listrik. Jenis dan banyaknya campuran bahan bakar-udara mempengaruhi kestabilan nyala api. bahan bakar cair (n-heptane) digunakan untuk mempertahankan nyala api. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh efek aliran yang berputar
menggunakan bahan bakar n-heptane pada meso scale combustor. Meso scale combustor tersebut berdiameter 3,5 mm berbodi duraluminium-quart glass tube. Digunakan 2 perlakuan sudut inlet masuk bahan bakar-udara yang berbeda. Pengujian eksperimental menunjukan hasil sebagai berikut. Pembakaran kedua combustor menggunakan bahan bakar n-heptane sebagian besar terjadi pada daerah campuran kaya (fuel-rich mixture). Pada combustor x nyala api dapat distabilkan pada rasio ekuivalen Փ 1,02-Փ 1,33 dengan kecepatan (U) 28,21 cm/s - (U) 32,19 cm/s. Dan pada combustor y nyala api stabil pada rasio ekuivalen Փ 0,79-Փ 1,41 dengan kecepatan (U) 23,72 cm/s - (U) 40,77 cm/s. Dari Pengujian kedua combustor tersebut menunjukan luas daerah nyala api combustor y lebih luas dibandingkan combustor x. Pada pengujian combustor x menggunakan sudut inlet masuk bahan bakar-udara tanpa putaran aliran, menghasilkan warna nyala api lebih biru gelap dan bentuk nyala api tidak bulat merata sampai ke dinding combustor. Pada pengujian combustor y menggunakan sudut inlet bahan bakar-udara dengan aliran yang berputar, menghasilkan warna nyala api biru terang dan bentuk nyala api lebih bulat
merata sampai kedinding combustor.

Item Type: Book Section / Proceedings
Keywords: meso scale combustor, saluran inlet, flammability limit, n-heptane
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (21201)
Depositing User: maulana Maulana Chairudin
Date Deposited: 03 Jan 2024 02:22
Last Modified: 03 Jan 2024 02:22
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/2446

Actions (login required)

View Item
View Item