UMM Institutional Repository

ANALISIS PENGARUH INFRASTRUKTUR, TENAGA KERJA DAN PENDAPATAN PER KAPITA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KOTA MALANG

AMELIA, RIZA HANUM (2014) ANALISIS PENGARUH INFRASTRUKTUR, TENAGA KERJA DAN PENDAPATAN PER KAPITA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizahanuma-37148-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizahanuma-37148-2-babi.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kondisi infrastruktur, tenaga kerja dan pendapatan perkapita masyarakat di Kota Malang serta mengetahui apakah infrastruktur, tenaga kerja dan pendapatan perkapita mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Kota Malang, dan seberapa besar pengaruh ketiga variabel tersebut terhadap pertumbuhan ekonomi. Alat analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda dengan data time series yang diinterpolasi dengan pengukuran statistic menggunakan program komputer E-Views 4 dan menggunakan analisis uji t, uji F, determinasi (R2) dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menyatakan bahwa Infrastruktur berpengaruh positif tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Kota Malang sebesar 0.105. Tenaga kerja berpengaruh positif signifikan sebesar 3.452 dan pendapatan perkapita berpengaruh negative signifikan yaitu sebesar -31.981. Hasil uji F menunjukkan bahwa Infrastruktur, tenaga kerja dan Pedapatan Perkapita secara serempak mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi di Kota Malang. Hasil koefisien determinasi (R2) adalah sebesar 0.659962, artinya, sebesar 65% menunjukkan bahwa keberadaan keempat model tersebut mampu memberikan kontribusi dalam menjelaskan Pertumbuhan Ekonomi di Kota Malang (Y) sebesar 65%, sedangkan sisanya 35% dijelaskan oleh variabel lain di luar model. Berdasarkan kesimpulan penelitian, maka variabel yang mempengaruhi terhadap pertumbuhan ekonomi adalah tenaga kerja dan pendapatan perkapita sehingga variabel tersebut layak untuk dijadikan acuan dalam meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi. Begitupun saran yang diajukan peneliti yaitu pemerintah harus merealisasikan anggaran untuk kepentingan infrastruktur agar lebih meningkatkan keadaan infrastruktur ke kondisi yang lebih baik lagi, dan membatasi jumlah penduduk agar pendapatan perkapita seimbang atau bahkan meningkat. Sehingga, laju pertumbuhan ekonomi di Kota Malang dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economics > Department of Development Economics (60201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 04 Apr 2016 07:36
Last Modified: 04 Apr 2016 07:36
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24397

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo