UMM Institutional Repository

ANALISIS STRUKTUR BIAYA PRODUKSI, PENDAPATAN DAN BREAK EVEN POINT RESTORAN DI UMM INN KABUPATEN MALANG

Kusmawan, Septa Arsa (2011) ANALISIS STRUKTUR BIAYA PRODUKSI, PENDAPATAN DAN BREAK EVEN POINT RESTORAN DI UMM INN KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-septaarsak-23714-Pendahul-n.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-septaarsak-23714-BAB+I.pdf

Download (115kB) | Preview

Abstract

Dewasa ini kondisi perekonomian negara kita yang tidak stabil akibat dari krisis ekonomi, telah membawa dampak buruk yang sangat berpengaruh pada perusahaan. Proses produksi yang dilaksanakan perusahaan menjadi faktor penting sebab proses produksi yang dilaksanakan dengan baik akan mempengaruhi terhadap biaya-biaya yang akan dialokasikan oleh perusahaan dalam proses produksi tersebut. Bidang usaha restoran merupakan salah satu bidang usaha yang masih bisa bertahan dan bahkan berkembang dalam kondisi perekonomian Indonesia yang tidak menentu. Bisnis restoran merupakan pilihan yang tepat ditengah situasi perekonomian yang naik turun serta perkembangan jumlah penduduk. Alasan mendasar dalam memilih usaha restoran salah satunya adalah filosofi kuno yaitu "makan untuk hidup" sehingga filosofi tersebut mendorong orang untuk mengembangkan arah pemikiran ekonomi ke bisnis kuliner. Perkembangan pesat dalam bisnis perhotelan saat ini telah menarik minat para pengusaha lain untuk ikut serta terjun ke bisnis ini, sehingga menimbulkan semakin tajamnya persaingan yang ada. Supaya dapat bersaing dengan baik diantara hotel-hotel yang semakin banyak jumlahnya, maka suatu hotel harus dapat meningkatkan mutu yang baik untuk mendapatkan laba yang maksimal. Salah satu cara yang dimaksud untuk mengimbangi persaingan antar hotel adalah pengembangan unit fasilitas hotel. Fasilitas yang dimaksud adalah restoran yang ada di dalam hotel. Dengan adanya fasilitas restoran yang rapi, bersih dan higienis di dalam hotel maka akan menambah kenyamanan bagi konsumen hotel yang bersangkutan. Penentuan lokasi penelitian dilakukan di UMM Inn secara sengaja (purposive sampling) yaitu penentuan lokasi penelitian yang diambil secara sengaja berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu sesuai dengan tujuan penelitian (Singarimbun dan Effendi, 1995). UMM Inn terletak di Jalan Raya Sengkaling no 1. Kecamatan Dau Kabupaten Malang Jawa Timur. Metode penelitian yang digunakan dalam melaksanakan penelitian tersebut adalah metode deskriptif analitis yaitu suatu metode yang berusaha mengumpulkan, menyajikan dan menganalisis data sehingga dapat memberikan gambaran yang cukup jelas atas objek yang diteliti. Dalam penelitian ini memerlukan data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilaksanakan dengan penelitian kepustakaan dan penelitian langsung dengan menggunakan wawancara dengan pihak perusahaan. Data yang diperlukan bersifat Time Series, yaitu data yang dikumpulkan dari waktu ke waktu untuk memberi gambaran tentang perkembangan suatu kegiatan dari waktu ke waktu (Nazir, 2003).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Animal Husbandry
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 04 Apr 2016 06:25
Last Modified: 04 Apr 2016 06:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24369

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo