UMM Institutional Repository

LITERASI MASYARAKAT TERHADAP MUATAN KEKERASAN DALAM TAYANGAN KOMEDI DI TELEVISI (Studi Resepsi Pada Komunitas Sekolah Bunda Terhadap Komedi Pesbukers ANTV)

Sari, Qoriatul Fatmala (2014) LITERASI MASYARAKAT TERHADAP MUATAN KEKERASAN DALAM TAYANGAN KOMEDI DI TELEVISI (Studi Resepsi Pada Komunitas Sekolah Bunda Terhadap Komedi Pesbukers ANTV). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-qoriatulfa-35115-1-pendahul-n.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-qoriatulfa-35115-2-babi.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tayangan Pesbukers yang menjadi salah satu program andalan stasiun televisi swasta ANTV sebagai variety show yang menyuguhkan komedi dengan konsep sketsa reality. Pesbukers digemari oleh masyarakat Indonesia terbukti dari penghargaan yang diterima dari ajang bergengsi Panasonic Gobel Awards tahun 2013 sebagai kategori tayangan komedi terfavorit. Namun hal ini berbanding terbalik dengan peringatan yang diberikan oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) atas komedi yang dibawakan para komedian karena mengandung unsur kekerasan baik verbal maupun non verbal. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori kultivasi dimana terdapat dua tipe penonton televisi yaitu orang yang cukup banyak waktu menonton televisi dan orang yang menghabiskan sedikit waktu untuk menonton televisi. Semakin banyaknya waktu yang digunakan maka terpaan media juga akan semakin kuat. Setelah melakukan penelitian ditemukan teori baru untuk memperkuat pendapat penonton atau audience yaitu teori khalayak dimana menjadi beberapa bagian yaitu dilihat dari sisi khalayak sebagai individu, khalayak sebagai kelompok, khalayak sebagai sosial dan khalayak sebagai pasar. Diperkuat dengan teori budaya populer dimana klahayak dengan bebas dapat menikmati media salah satunya televisi. Semakin bebas menikmati televisi maka akan semakin besar dampaknya pada penonton begitu pula sebaliknya. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif interpretatif dimana memfokuskan diri pada tanda dan teks sebagai objek kajian. Sementara metode yang digunakan adalah reception studies, dimana menemukan konstruksi makna dari subjek kemudian dikelompokkan menjadi tiga macam posisi penonton sesuai hasil observasi dan wawancara yaitu, pembaca posisi dominan, menegosiasi dan oposisi. Adapun subjek pada penelitian ini adalah sekumpulan ibu rumah tangga dengan latar belakang yang berbeda berkumpul menjadi suatu komunitas dengan nama Sekolah Bunda. Sebagian besar anggota komunitas ini memiliki tempat tinggal di daerah Sulfat dan Sawojajar Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keadaan literasi media ibu-ibu komunitas Sekolah Bunda memiliki perbedaan. Terdapat subjek pada posisi menegosiasi dimana awalnya menganggap Pesbukers merupakan tayangan komedi yang baik-baik saja, namun setelah melihat secara penuh mulai merasa bahwa tayangan tersebut tidak baik jika ditonton anak tanpa pendampingan. Sedangkan posisi penonton oposisi dari awal menganggap Pesbukers merupakan tayangan yang tidak mendidik dan tidak pantas ditonton oleh anak-anak. Pada akhirnya subjek menyadari bahwa komedi Pesbukers mengandung kekerasan baik verbal maupun non verbal dan menurut mereka pula pendampingan pada anak saat menonton televisi memang diperlukan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 04 Apr 2016 04:56
Last Modified: 04 Apr 2016 04:56
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24352

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo