UMM Institutional Repository

Implementasi Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Berbasis Portofolio Pada Mata Pelajaran PKn Kelas VIII di SMPN 04 Malang

RAHMAN, AHMAD ADI (2014) Implementasi Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Berbasis Portofolio Pada Mata Pelajaran PKn Kelas VIII di SMPN 04 Malang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ahmadadira-37916-1-coversk-i.pdf

Download (797kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ahmadadira-37916-2-babi.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan proses untuk memanusiakan manusia dalam mengembangkan potensi dirinya, sehingga menjadi pribadi yang berkualitas dan mampu menghadapi setiap perubahan yang terjadi di era globalisasi saat ini.. Sekolah merupakan tempat terjadinya suatu kegiatan pembelajaran. Namun masih perlu dilakukannya suatu pembaharuan dalam proses pembelajran yaitu dengan menerapkannya berbagai jenis model pembelajaran dan menggunakan media atau strategi pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan dengan media pembelajaran berbasis Portofolio. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengimplementasikan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbasis Portofolio pada mata pelajaran PKn tepatnya di kelas VIII di SMPN 04 Malang, 2) Mengetahui bagaimana hasil belajar siswa dengan diterapkannya model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbasis Portofolio pada mata pelajaran PKn tepatnya di kelas VIII di SMPN 04 Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian Deskriptif Kualitatif. Sumber data yaitu siswa kelas VIII di SMPN 04 Malang pada tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 38 siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari sampai dengan Maret 2014. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbasis portofolio ini dapat membantu siswa dalam belajar karena dengan adanya dokumen portofolio siswa akan lebih giat dalam belajar. Hasil pembelajaran siswa akan terkumpul dan tersusun dengan adanya dokumen portofolio yang didalam isi dokumen portofolio terdapat latihan-latihan soal ataupun tugas yang diberikan oleh guru selama proses pembelajaran. Hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbasis portofolio yaitu tingkat ketuntasan siswa dapat dikatakan bahwa sudah mencapai hasil yang maksimal yaitu dari 38 siswa, 4 siswa dikatakan belum mencapai hasil yang maksimal dan 34 siswa sudah mencapai hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Pancasila and Civics Education (87205)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 04 Apr 2016 04:53
Last Modified: 04 Apr 2016 04:53
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24349

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo