UMM Institutional Repository

FORMULASI DAN KUALITAS PUPUK ORGANIK PADAT BERBASIS LIMBAH TERNAK SAPI PERAH

SUTONO, (2012) FORMULASI DAN KUALITAS PUPUK ORGANIK PADAT BERBASIS LIMBAH TERNAK SAPI PERAH. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sutono0791-29733-1-pendahul-n.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sutono0791-29733-2-babi.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di PT.fertil berka Abadi, yaitu yang berada di Desa Tegalsari – Kepanjen Kabupaten Malang Propinsi Jawa Timur, dalam jangka waktu bulan Agustus sampai November 2011. Pengujian meliputi suhu selama proses fermentasi,C/N rasio,N,Ka,pH,BO,C organik dan dilakukan pengujian di Laboratorium kimia Universitas Muhammadiah Malang. Untuk mendapatkan formulasi yang sesuai dengan standar SNI dan mengetahui kualitas pupuk organik untuk rumput gajah yang berbasis limbah ternak sapi perah. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah feses sapi perah, Kotoran bebek, jerami padi, starter moebilin, bonggol pisang, serbuk tembakau. Menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan tiga perlakukan dan tiga kali ulangan. Menggunakan Bonggol pisang dan tanpa menggunakan bonggol pisang yaitu dengan perlakuan P1 = memperbanyak campuran jerami padi dan memberi campuran bonggol pisang, P2 = tanpa menggunakan bonggol pisang, P3 = Menggunakan bonggol pisang dan memperbanyak feses sapi tetapi menggunakan jerami padinya sedikit. Hasil analisa varians menunjukkan, bahwa pemberian bonggol pisang tidak berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap C/N rasio, N, Ka dan pH akan tetapi hanya berpengaruh sangat nyata (P>0,01) terhadap Carbon organik saja. Hasil penelitian ini ada kemungkinan dipengaruhi juga oleh adanya faktor bahan yang masih banyak kadar airnya sehingga masih memerlukan fermentasi yang lebih lama Kesimpulan yang diperoleh bahwa yang paling penting dalam pembuatan pupuk organik yang sesuai dengan standar SNI adalah feses sapi diatas 60% dan kotoran seperti kotoran bebek, kambing, ayam adalah sebesar 20 % dari total keseluruhan bahan dan untuk bahan kering seperti jerami tidak mutlak harus pakai jerami padi tetapi tergantung dari potensi yang ada pada daerah masing-masing tempat tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Agriculture and Animal Husbandry > Department of Animal Husbandry (54231)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 04 Apr 2016 04:34
Last Modified: 04 Apr 2016 04:34
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24343

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo