UMM Institutional Repository

WACANA KEBEBASAN PEKERJA PERS DI MEDIA TV (Studi pada kasus Luviana dalam film “DiBalik Frekuensi” karya Ucu Agustin )

Antoro, Joko Dwi (2014) WACANA KEBEBASAN PEKERJA PERS DI MEDIA TV (Studi pada kasus Luviana dalam film “DiBalik Frekuensi” karya Ucu Agustin ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-jokodwiant-35151-1-pendahul-n.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-jokodwiant-35151-2-babi.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

Kebebasan pers diIndonesia dimulai dengan datangnya era reformasi. Media massa tidak lagi menjadi corong penguasa Negara, akan tetapi media massa bukan berarti bebas sepenuhnya. Meskipun media massa sekarang bebas dari tangan penguasa Negara akan tetapi media massa tidak bebas dari tangan-tangan pemilik media. Intervensi dari pemilik media yang hanya dikuasai oleh segelintir orang, masih terjadi hingga saat ini. Pemilik media memiliki beragam tujuan dan kepentingan seperti kepentingan ekonomi, kepentingan politik dan kepentingan penyebaran ideologi tertentu. Tujuan penelitian ini untuk membongkar wacana kebebasan pekerja pers di media TV. (pada film “DiBalik Frekuensi” karya Ucu Agustin) Melalui film dokumenter DiBalik Frekuensi ini, media massa di Indonesia diperlihatkan dengan jelas mengenai pelanggaran-pelangaran yang ada didalam media, konglomerasi media yang terjadi di Indonesia, dan pengekangan kebebasan pekerja pers oleh pemilik media. Penelitian pada film ini dimaksudkan untuk bisa menjawab pertanyaan bagaimana kebebasan pekerja pers di media tv di Indonesia yang sesungguhnya? Dalam penelitian ini menggunakan teori hierarchy level influence Penelitian ini menggunakan analisi wacana kritis (Critical Discourse Analysis/CDA) model Teun A. van Dijk. Memperoleh data dari pengamatan VCD film documenter dibalik frekuensi karya Ucu Agustin. Data dianalisis memakai tiga tahapan. Pertama analisis teks sesuai elemen-elemen wacana Van Dijk yaitu analisis struktur yang meliputi struktur makro (gambaran umum teks), superstruktur (alur atau kerangka teks) dan mikro (makna lokal dari teks). Kedua, analisis kognisi sosial untuk mengetahui kognisi indivudu dalam memahami suatu peristiwa tertentu, ketika memproduksi teks, disini peneliti melakukan wawancara dengan pembuat film dibalik frekuensi. Ketiga analisis konteks sosial untuk melihat wacana yang berkembang dimasyarakat, dimana suatu teks meliput teks tertentu. Temuan penelitian ini mendukung konsep dasar analisis wacana Van Dijk bahwa media bukanlah saluran yang bebas dan netral, bahwa didalam media massa terdapat kekuatan-kekuatan yang dapat mengontrol dan mengendalikan media tersebut. Peneliti juga menemukan bahwa media takut terhadap pekerja media yang aktif di assosiasi atau serikat pekerja. Ada tendensi bahwa pemilik media menggunakan frekuensi publik untuk kepentingan pribadi, sehingga kebebasan pers seringkali terkalahkan oleh adanya intervensi pemilik media. Akan tetapi, pemerintahpun nampak kurang berdaya mengatasi masalah pelanggaran- pelanggaran yang terjadi di media massa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 04 Apr 2016 04:25
Last Modified: 04 Apr 2016 04:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24339

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo