UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI TATA TERTIB SEKOLAH DALAM MENUNJANG PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA NEGERI 2 BATU

PUTRA, DEBY MEYRANDI (2014) IMPLEMENTASI TATA TERTIB SEKOLAH DALAM MENUNJANG PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA NEGERI 2 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-debymeyran-36943-2-babi.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-debymeyran-36943-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi maraknya penyimpangan dan kenakalan-kenakalan remaja khususnya pada tingkatan SMA. Masalah-masalah kenakalan remaja yang terjadi sekarang ini jauh lebih banyak dan kompleks dibandingkan dengan masalah-masalah kenakalan remaja yang terjadi pada massa-massa sebelumnya. Salah satu komponen sekolah yang bisa menunjang pendidikan karakter adalah tata tertib sekolah. Implementasi tata tertib sekolah menuntut adanya pendidikan karakter di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pelaksanaan tata tertib sekolah dalam menunjang pendidikan karakter di SMAN 2 Batu, (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan kendala dalam pelaksanaan tata tertib sekolah dalam menunjang pendidikan karakter di SMAN 2 Batu, (3) mendeskripsikan solusi yang dapat diambil untuk mengatasi kendala-kendala dalam pelaksanaan tata tertib sekolah dalam menunjang pendidikan karakter di SMAN 2 Batu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan kualitatif karena peneliti akan menjelaskan secara deskriptif. Dengan objeknya adalah SMAN 2 Batu dan subjek penelitian adalah guru tatib, kesiswaan, guru BK, kepala sekolah, guru bidang studi, dan peserta didik di lingkungan SMAN 2 Batu. Sumber data yang menggunakan data primer yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi serta data data sekunder yang diperoleh dari sekolah, media elektronik dan media cetak. Analisa data deskriptif kualitatif dan keabsahan data Kredibilitas (credibility), Tranferbility, Dependebility, Konfirmability. Hasil penelitian yang diperoleh: (1) Pelaksanaan tata tertib sekolah dalam menunjang pendidikan karakter di SMAN 2 Batu berjalan dengan baik dan tata tertib selalu ditegakkan setiap saat dan setiap waktu. (2) Pendukung pelaksanaan tata tertib sekolah dalam menunjang pendidikan karakter di SMAN 2 Batu yaitu: pihak pimpinan yang ikut membuat kebijakan tentang tata tertib sekolah, kesadaran seluruh warga sekolah tentang pentingnya pelaksanaan tata tertib sekolah. Sedangkan kendala pelaksanaan tata tertib sekolah dalam menunjang pendidikan karakter di SMAN 2 Batu yaitu masih ada wali murid ketika anaknya melanggar tata tertib sekolah justru wali murid protek dengan anaknya, letak geografis sekolah yang luas, dan belum terpasangnya CCTV di seluruh sudut sekolah. Solusi yang dapat diambil untuk mengatasi kendala-kendala dalam pelaksanaan tata tertib sekolah dalam menunjang pendidikan karakter di SMAN 2 Batu yaitu adanya kerjasama dan koordinasi semua pihak yaitu antara pihak sekolah, peserta didik, dan wali murid, memasang kamera CCTV disetiap sudut sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Pancasila and Civics Education (87205)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 04 Apr 2016 04:22
Last Modified: 04 Apr 2016 04:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24337

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo