UMM Institutional Repository

PEMAHAMAN SISWA TERHADAP BAHAYA KORUPSI DI SMP NEGERI 6 LAMBU

Jumriati, (2014) PEMAHAMAN SISWA TERHADAP BAHAYA KORUPSI DI SMP NEGERI 6 LAMBU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-jumriati20-36946-2-babi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-jumriati20-36946-1-pendahul-n.pdf

Download (412kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui yaitu : (1) Pemahaman tentang korupsi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Lambu (2) Nilai-nilai yang dikembangkan dalam upaya meningkatkan pemahaman tentang korupsi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Lambu? (3) Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam penanaman nilai-nilai anti korupsi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Lambu. Dalam penelitin ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Untuk memperoleh data dalam penelitian teknik pengumpulan data yaitu dengan cara menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data yaitu dengan menggunakan kredibilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa Pemahaman Siswa Terhadap Bahaya Korupsi di SMP Negeri 6 lambu adalah memahami dengan baik seperti perilaku siswa yang menemukan barang yang bukan merupakan miliknya sendiri tidak diambil olehnya akan tetapi diserahkan keruang guru untuk dikembalikan kepada pemiliknya, kegiatan pengelolaan keuangan yang dilakukan antar kelas yaitu iuran tiap minggu untuk keperluan bersama yang dimana siswa yang menjabat sebagai penanggung jawab untuk mengumpulkan iuran tersebut (bendahara) dapat mengelola dan memegangnya dengan aman. Hal ini dapat terlihat dari tingkah laku maupun perbutan keseharian siswa yang peneliti amati karena adanya manfaat dari upaya yang dilakukan oleh guru-guru dalam menanamkan nilai-nilai anti korupsi pada seluruh siswa. Upaya yang dilakukan yaitu dengan cara guru selalu menyisipkan penanaman nilai-nilai anti korupsi tersebut pada setiap pembelajaran, dengan adanya kgiatan ekstra kurikuler seperti yasinan bersama merupakan upaya juga utuk mencegah siswa dari tindakan korupsi serta perteman antar guru dan wali murid guna untuk menghimbau kepada wali murid untuk menanamkan nilai-nilai anti korupsi pada anaknya dirumah maupun lingkungan masyarakat . Nilai-nilai yang ditanamkan maupun diterapkan tersebut merupakan kewajiban dan keharusan bagi siswa untuk menjalankannya baik dalam lingkungan sekolah itu sendiri maupun diluar lingkungan sekolah (masyarakat).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Pancasila and Civics Education (87205)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 04 Apr 2016 04:08
Last Modified: 04 Apr 2016 04:08
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24328

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo