UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DALAM MENGATASI KENAKALAN PESERTA DIDIK DI SMK PGRI 3 MALANG

KIRMAYATI, RANI PUTRI (2014) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DALAM MENGATASI KENAKALAN PESERTA DIDIK DI SMK PGRI 3 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-raniputrik-36948-2-babi.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-raniputrik-36948-1-pendahul-n.pdf

Download (972kB) | Preview

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi semakin maraknya terjadi kenakalan peserta didik yang terjadi dimana-mana ini ditandai dengan adanya era globalisasi ini banyak sekali terjadi perubahan secara IPTEK, social, budaya, ekonomi dan politik. Jaman sudah berubah tingkat kenakalan peserta didik saat ini juga berubah ini akibat budaya luar yang tidak di filter oleh budaya bangsa Indonesia, juga tidak sesuai dengan ideology pancasila. moral anak peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk :1) mengetahui dan mendeskrisikan implementasi pendidikan budi pekerti dalam mengatasi kenakalan peserta didik di SMK PGRI 3 Malang, 2) mengetahui dan memahami bentuk-bentuk kenakalan peserta didik yang terjadi di SMK PGRI 3 Malang, 3) mengetahui dan memahami faktor penyebab kenakalan peserta didik di SMK PGRI 3 Malang, 4) mengetahui dan memahami solusi dalam mengatasi faktor penyebab kenakalan peserta didik di SMK PGRI 3 Malang. Metode penelitian ini yang digunakan ini metode yang digunakan adalah metode pendekatan kualitatif dengan karena peneliti akan menjelaskan secara deskriptif. Dengan objeknya adalah SMK PGRI 3 Malang dan subjek penelitian Kepala sekolah, Kabid Kesiswaan, Kabid Kurikulum Guru PKn, Guru Agama, Guru Wali, dan peserta didik di lingkungan SMK PGRI 3 Malang. Sumber data yang menggunakan data primer yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi serta data sekunder yang diperoleh dari sekolah maupun media elektonik dan media cetak. Analisa data deskriptif kualitatif dan keabsahan data Kredibilitas (credibility), Transferability, Dependebility, Konfirmability Hasil penelitian yang diperoleh: 1) Implementasi pendidikan budi pekerti dalam mengatasi kenakalan peserta didik di SMK PGRI 3 Malang dengan sesuai moto success by discipline, 2) bentuk-bentuk kenakalan yang terjadi di SMK PGRI 3 Malang diantarnya bolos sekolah dan datang terlambat yang paling sering di lakukan. Selanjutnya berkelahi, merokok, mencuri, narkoba, sampai pernah terjadi anak hamil atau seks bebas. 3) Faktor Penyebab Kenakalan Peserta didik peserta didik masih mencari jati diri dimana anak masih labil, 4) Solusi Dalam Mengatasi Faktor Penyebab Kenakalan Peserta didik di SMK PGRI 3 Malang dengan tetap berjalannya pendidikan budi pekerti yang sudah berjalan, 15 menit sebelum pelajaran dimulai guru menyampaikan pendidikan budi pekerti, peran guru wali, peran keluarga, lingkungan sekitar dan teman.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Pancasila and Civics Education (87205)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 04 Apr 2016 04:02
Last Modified: 04 Apr 2016 04:02
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24323

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo