UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA DALAM BUDAYA SEKOLAH "BINTARALOKA" (BINA TARUNA ADI LOKA) DI SMP NEGERI 3 MALANG

Susanto, Rochmad Dwi (2014) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA DALAM BUDAYA SEKOLAH "BINTARALOKA" (BINA TARUNA ADI LOKA) DI SMP NEGERI 3 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rochmaddwi-36949-2-babi.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rochmaddwi-36949-1-pendahul-n.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

Pendidikan budaya dan karakter bangsa menjadi sangat fundamental bagi tercipta dan terjaganya nilai-nilai karakter yang baik yaitu : nilai, religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokrasi, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi,bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tangung jawab. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Malang, dengan tujuan: (1) Untuk mendiskripsikan Implementasi Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa Dalam Budaya Sekolah "Bintaraloka" (Bina Taruna Adi Loka) di i SMP Negeri 3 Malang. (2)Untuk mendiskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam Implementasi Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa Dalam Budaya Sekolah "Bintaraloka" (Bina Taruna Adi Loka) di SMP Negeri 3 Malang. (3) Untuk mendiskripsikan upaya untuk mengatasi faktor penghambat dalam Implementasi Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa Dalam Budaya Sekolah "Bintaraloka" (Bina Taruna Adi Loka) di SMP Negeri 3 Malang Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kualitatif. Dimana peneliti terjun langsung untuk menggali informasi terkait dengan judul dari penelitian. Pengumpulan data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun informan yang perlu digalii informasinya adalah Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Malang, Waka Kesiswaan, Waka Sarana Prasarana, Guru PPKn dan Siswa kelas VII, VIII dan IX. Kemudian data tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan budaya dan karakter bangsa dalam budaya sekolah "Bintaraloka" di SMP Negeri 3 Malang melalui kegiatan rutin sekolah, program sekolah, fasilitas sekolah dan ekstrakurikuler dan juga melalui mata pelajaran. Faktor pendukungnya adalah dari pihak sekolah, fasilitas sarana dan prasarana sangat mendukung dan juga peran orang tua. Faktor penghambatnya adalah kurangnya pemahaman mengenai pendidikann budaya dan karakter bangsa bagi para siswa dan kurangnya sosialisasi dalam penerapannya. Solusinya adalah sekolah perlu memberikan sosialisasi dalam penerapannya kepada semua pihak dan orang tua . dan menjalin hubungan dengan pihak lain dalam pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa itu sendiri. ABSTRACT Education and culture to be very fundamental national character is created and maintained for the values of good character , namely : value , religious , honest , tolerance , discipline , hard work , creative, independent , democratic , curiosity , the spirit of nationalism , patriotism , appreciate the achievements , friends / communicative , love peace , love reading , environmental care , social care and responsibility . This research was conducted at SMP Negeri 3 Malang , with the aim of : ( 1 ) To describe the implementation of National Character Education Culture And Culture In Schools " Bintaraloka " ( Adi Taruna Loka Bina ) in i SMP Negeri 3 Malang . ( 2 ) To describe the factors supporting and inhibiting factors in the implementation of Culture and National Character Education In School Culture " Bintaraloka " ( Adi Taruna Loka Bina ) in SMP Negeri 3 Malang . ( 3 ) To describe an attempt to address the factors inhibiting the implementation of Culture and National Character Education In School Culture " Bintaraloka " ( Adi Taruna Loka Bina ) in SMP Negeri 3 Malang. This study uses qualitative research techniques. Where researchers directly involed in collecting information related to the title of the study. The collection of data obtained by observation, interviews, and documentation. The informant who need be exstractedinformation is principal of SMP Negeri 3 Malang, Student Waka, Waka Infrastructur, Teachers and Student Civics classes VII, VIII and IX. Then the data were analyzed by descriptive qualitative. The results showed that the implementation of the nation's culture and character education in the school culture " bintaraloka " in SMP Negeri 3 Malang applied through routine school activities , school programs , Through programs such as the school Friday clean , . Through self-development such extracurricular scouts , music , sports , honesty canteen facilities and student council . In addition, through subjects to teachers always give a good role models... The solution is a school needs to provide outreach to all piha from parents , and establish relationships with others in the development of education pihal culture and national character itself.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Pancasila and Civics Education (87205)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 04 Apr 2016 04:00
Last Modified: 02 Mar 2018 03:52
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24320

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo