UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN SISWA DI SMP NEGERI 8 MALANG TAHUN AJARAN 2013/2014

Fatimah, ST. (2014) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN SISWA DI SMP NEGERI 8 MALANG TAHUN AJARAN 2013/2014. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-stfatimah2-36950-2-babi.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-stfatimah2-36950-1-1.penda-n.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi pendidikan budi pekerti dalam menanggulangi kenakalan siswa di SMP Negeri 8 Malang. (2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor-faktor penyebab kenakalan siswa di SMP Negeri 8 Malang. (3) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor penghambat dan penunjang yang di hadapi dalam implementasi pendidikan budi pekerti dalam menanggulangi kenakalan siswa di SMP Negeri 8 Malang. (4) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan solusi yang diambil oleh sekolah dalam mengatasi faktor penghambat implementasi pendidikan budi pekerti dalam menanggulangi kenakalan siswa di SMP Negeri 8 Malang. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kualitatif. Dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk menggali informasi terkait dengan judul dari penelitian. Pengumpulan data diperoleh dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun informan yang perlu digali informasinya adalah Kepala Sekolah, Guru PPKn SMP Negeri 8 Malang, Guru Agama Islam SMP Negeri 8 Malang, Guru Bimbingan Konseling (BK) SMP Negeri 8 Malang , dan informan dari siswa kelas VII SMP Negeri 8 Malang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti di SMP Negeri 8 Malang. Hasil penelitian yang diperoleh adalah : (1) Implementasi Pendidikan Budi pekerti dalam menanggulangi kenakalan siswa di SMP Negeri 8 Malang sesuai dengan Visi dan Misi SMP Negeri 8 Malang, dan melalui seluruh mata pelajaran serta melalui kegiatan Ekstrakurikuler SMP Negeri 8 Malang. (2) Faktor Penyebab Terjadinya Kenakalan siswa karena pengaruh dari lingkungan luar yaitu lingkungan masyarakat dan pengaruh dari teknologi dan media massa yang semakin canggih. (3) Faktor Penghambat dan Penunjang implementasi pendidikan budi pekerti dalam menanggulangi kenakalan siswa di SMP Negeri 8 Malang adalah, faktor penghambatnya karena fulgarnya media diluar dan media massa seperti internet yang anak mudah mengakses hal-hal yang menyebabkan hancurnya moral anak bangsa. Sedangkan faktor penunjangnya adalah dari seluruh komponen sekolah baik itu semua guru dan bagian staff administrasi yang sudah mendukung. (4) Solusi dalam mengatasi faktor penghambat implementasi pendidikan budi pekerti yang dilakukan oleh sekolah SMP Negeri 8 Malang adalah harus diatur secara sistem, peran pemerintah itu sendiri harus peduli pada anak sebagai aset masa depan, dan harus ada kerjasama antara semua komponen yang ada di sekolah SMP Negeri 8 Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Pancasila and Civics Education (87205)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 04 Apr 2016 03:57
Last Modified: 04 Apr 2016 03:57
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24319

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo