UMM Institutional Repository

MAKNA KEBEBASAN DALAM IKLAN (Analisis Semiotik Iklan Kartu Perdana 3 “Always On” Versi Pria Dan Wanita)

PUTRA, RYAN CHRISSANDI (2014) MAKNA KEBEBASAN DALAM IKLAN (Analisis Semiotik Iklan Kartu Perdana 3 “Always On” Versi Pria Dan Wanita). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ryanchriss-35159-1-pendahul-n.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ryanchriss-35159-2-babi.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

Media massa mampu membentuk masa depan umat manusia dan telah mempengaruhi atau membentuk perilaku manusia. Dengan pertumbuhan media massa yang semakin pesat, promo sebuah produk perusahaan kini telah merajalela di dunia periklanan melalui media massa televisi. Iklan-iklan di Indonesia sangatlah beraneka ragam jenisnya serta gaya penyampaiannya, belum lagi iklan-iklan asing yang turut menyemarakkan iklan-iklan di Indonesia yang sangat berbeda sekali kultur budayanya. Bagaimana iklan-iklan tersebut akan berdampak terhadap cara hidup serta pandangan masyarakat tentang fenomena sosial. Hal ini tentu saja akan sangat tergantung dari cara berfikir, mempersepsi, serta ideologi yang berkembang dalam kehidupan sosial masyarakat. Di era modernisasi ini budaya Indonesia ini mulai luntur terkena dampak serta pengaruh dari budaya Barat yang tidak sesuai dengan adat budaya Timur. Metode yang digunakan adalah penelitian dengan pendekatan semiotika. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui data berupa dokumentasi yang diperoleh dengan cara mengunduh video iklan dalam situs www.youtube.com. Selanjutnya, melakukan pemilihan scene dan shot yang sesuai dengan rumusan masalah melalui screen capture video. Dengan demikian maka dapat diperoleh makna kebebasan dalam iklan Tri “AlwaysOn” versi pria dan wanita. Kumpulan scene pada iklan Tri “AlwaysOn” versi pria dan wanita ini mengandung makna kebebasan dalam konteks budaya seperti kebebasan anak muda dewasa awal dalam berperilaku, berpendapat, berekspresi. Namun semua itu terbatasi oleh persepsi orang tua serta norma-norma budaya yang berlaku di dalam kebudayaan Timur. Pergeseran nilai-nilai budaya saat ini diakibatkan terpengaruh oleh budaya populer. Dalam hal ini terjadi persinggungan antara budaya populer yang dianut oleh anak muda dewasa awal dengan budaya tradisional yang diyakini oleh orang tua serta masyarakat di era modernisasi ini. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kebebasan berperilaku, berpendapat, berekspresi yang dilakukan oleh anak muda modern ini selalu dibatasi oleh persepsi orang tua, norma-norma, serta budaya dalam masyarakat yang sebagaimana tentunya berkaitan dengan aturan-aturan kebudayaan “Timur” yang dianut masyarakat Indonesia sehingga terjadi persinggungan antara budaya populer yang dianut anak muda modern dengan budaya tradisional yang diyakini oleh orang tua dan masyarakat akibat arus globalisasi. Dengan demikian bahwa iklan ini menggambarkan sebuah kebebasan hak seseorang dalam bermasyarakat selalu dibatasi oleh norma-norma budaya Timur yang dianut masyarakat Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 04 Apr 2016 03:50
Last Modified: 04 Apr 2016 03:50
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24311

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo