UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENUMBUHKAN ETIKA PROFESI KEGURUAN MAHASISWA PPKN FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

HANIFAH, NURUL (2014) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENUMBUHKAN ETIKA PROFESI KEGURUAN MAHASISWA PPKN FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurulhanif-35127-1-pendahul-n.pdf

Download (970kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurulhanif-35127-2-babi.pdf

Download (26kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan adalah konsep multidimensional yang dimaksudkan untuk meletakkan dasar pengetahuan tentang masyarakat, berpartisipasi dalam proses kehidupan bermasyarakat secara menyeluruh, dan secara umun tentang bagaimana menjadi warga negara yang baik. Adapun peran utama dunia pendidikan ialah menanamkan Pendidikan Kewarganegaraan kalangan generasi muda terutama mahasiswa, karena Pendidikan Kewarganegaraan merupakan modal dasar untuk mewujudkan dan menegakkan demokrasi dalam kehidupan di kampus, masyarakat, berbangsa dan bernegara. Penelitian ini mengambil rumusan masalah bagaimana implementasi PKn dalam menumbuhkan etika profesi keguruan bagi mahasiswa jurusan PPKn FKIP Universitas Muhammadiyah Malang, bagaimana etika profesi keguruan mahasiswa jurusan PPKn FKIP Universitas Muhammadiyah Malang setelah mendapat pembelajaran PKn, serta faktor-faktor apa sajakah yang menjadi pendukung dan penghambat dalam menumbuhkan etika profesi keguruan bagi mahasiswa jurusan PPKn FKIP Universitas Muhammadiyah Malang. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif adalah pendekatan yang temuan-temuan penelitiannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk perhitungan lainnya, prosedur ini menghasilkan temuan-temuan yang diperoleh dari data-data yang dikumpulkan dengan menggunakan beragam sarana. Sarana itu meliputi pengamatan dan wawancara. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan yaitu: (1) Implementasi pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam menumbuhkan etika profesi keguruan mahasiswa di Jurusan Civics Hukum memang sudah berjalan dengan baik, (2) Etika profesi keguruan mahasiswa jurusan PPKn setelah mendapat pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, mahasiswa sudah ada peningkatan dalam berperilaku baik, dan (3) Faktor pendukung dalam menumbuhkan etika profesi keguruan yaitu adanya mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan, mahasiswa PPKn harus menempuh dan mempelajari mata kuliah ini. Kemudian faktor penghambatnya yaitu mahasiswa yang menyalahgunakan kemajuan teknologi yang sedang berkembang pesat, yang kedua pengaruh dunia global dari antar prodi, di dalam maupun luar ruang lingkup Universitas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Pancasila and Civics Education (87205)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 04 Apr 2016 03:46
Last Modified: 04 Apr 2016 03:46
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24308

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo