UMM Institutional Repository

PERAN GURU PKn DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN SISWA MELALUI KETELADANAN GURU DI SMP MUHAMMADIYAH 5 NGORO MOJOKERTO

MUHANIF, ABIET (2014) PERAN GURU PKn DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN SISWA MELALUI KETELADANAN GURU DI SMP MUHAMMADIYAH 5 NGORO MOJOKERTO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-abietmuhan-35128-2-babi.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-abietmuhan-35128-1-pendahul-n.pdf

Download (605kB) | Preview

Abstract

Guru merupakan tokoh sentral dalam membina dan membimbing siswa dalam pembentukan karakter, dalam hakikatnya peran seorang guru mampu memberikan dua makna, yang pertama yaitu guru sebagai pengajar dan yang kedua guru sebagai tauladan. Dengan demikian disini peneliti ingin menggambarkan arti pentingnya keteladanan serta disiplin ilmu yang guru berikan sehingga dengan seperti itu akan terjadi sebuah sinergi yang baik diantara keduanya sehingga akan mampu menghasilkan sesuatu yang baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Peran Guru PKn Dalam Membina Kedisiplinan Siswa? (2) Bagaimana Penerapan Nilai Kedisiplinan Kepada Siswa? (3). Bagaimana Peran Guru Pkn Dalam Memberikan Keteladanan Kepada Siswa? Melalui analisis data yang sudah didapatkan akan dijadikan sebuah reverensi serta diharapkan akan mampu memukan metode untuk peningkatan kedisiplinan melalui keteladanan guru di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Deskriptif yang dipergunakan dalam penelitian ini berupa dokumentasi dan wawancara dengan beberapa informasi kunci seperti Guru PKn, Kepala Sekolah serta Siswa dan dokumen-dokumen lainnnya.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang di lakukan peneliti melalui observasi, wawancara dengan guru PKn, Kepala Sekolah, siswa, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bidang studi PKn berkewajiban dan bertanggung jawab untuk mengajarkan nilai-nilai kedisiplinan kepada siswa yang di lakukan secara terintegrasi. Dalam hal itu guru harus mampu untuk melakukan segala hal yang terkait dengan siswa baik dalam proses belajar mengajar serta harus mampu untuk menjadi contoh yang baik bagi siswa-siswanya. Di samping itu guru harus memiliki pemahaman dan kemampuan secara komprehensif tentang kompetensinya sebagai pendidik dan pengajar di SMP Muhammadiyah 5 Ngoro. Dalam pelaksanaan pembelajaran di SMP Muhammadiyah 5 Ngoro disiplin merupakan hal yang di jadikan sebuah gaya hidup sehingga nantinya akan berdampak baik dan terus di jalankan oleh siswa seperti halnya, sholat atau membaca Al-QurÂ’an setiap pagi karena jika kebiasaan di sekolah di desain secara terstruktur, sistematis, dan tepat sesuai dengan kondisi sosial sekolahnya, maka pada akhirnya akan bisa memberikan kontribusi yang positif bagi peningkatan kedisiplinan siswa di sekolah dalam menuju lulusan yang berahlak mulia serta berkualitas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Pancasila and Civics Education (87205)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 04 Apr 2016 03:41
Last Modified: 04 Apr 2016 03:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24305

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo