UMM Institutional Repository

PENERIMAAN KONSUMEN TENTANG PESAN PROMOSI MELALUI FACEBOOK (Studi Resepsi Komentar Pada Fan Pages Kentucky Fried Chicken Indonesia )

Mulyani, Sri (2014) PENERIMAAN KONSUMEN TENTANG PESAN PROMOSI MELALUI FACEBOOK (Studi Resepsi Komentar Pada Fan Pages Kentucky Fried Chicken Indonesia ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-srimulyani-35161-1-pendahul-n.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-srimulyani-35161-2-babi.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

Perkembangan media komunikasi yang semakin canggih membuat bentuk komunikasi masyarakat ikut berubah. Sehingga sebagian perusahaan memanfaatkan kondisi ini untuk kegiatan promosi mereka. Facebook merupakan salah satu media sosial yang mempunyai fitur pendukung kegiatan pemasaran melalui fan pages. Di indonesia sendiri telah banyak perusahaan yang menggunakannya, salah satunya adalah KFC. Media sosial yang awalnya hanya sebagai media pertukaran informasi, seiring perkembangan pola pikir masyarakat, kini fungsinya pun juga berkembang sebagai media promosi. Dengan adanya fakta seperti ini, maka peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana penerimaan konsumen tentang pesan promosi melalui media facebook. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan interpretatif dengan metode penelitian studi resepsi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data dengan cara pengumpulan data, reduksi data, proses pengodean, dan kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Dalam penelitian ini ada tiga aspek yang diteliti, yakni penerimaan dominan, negosiasi, dan oposisi. Dari hasil penelitian ini, peneliti tidak menemukan adanya posisi pembaca negosiasi. Hal ini dikarenakan keseluruhan subyek adalah fans KFC Indonesia yang juga termasuk dalam generasi echo boomers, dimana generasi ini tumbuh bersama teknologi komputer dan memiliki gaya hidup yang modern, sehingga penerimaannya pun cenderung berada pada posisi pembaca dominan. Dalam penelitian ini peneliti menemukan satu komentar yang berada pada posisi pembaca oposisi, dan faktor yang melatarbelakangi penerimaan tersebut adalah adanya pengalaman subyek dimasa lalu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 04 Apr 2016 03:42
Last Modified: 04 Apr 2016 03:42
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24304

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo