UMM Institutional Repository

PENDAPAT PENGGUNA BLACKBERRY MESSENGER TENTANG PENGALAMAN KOMUNIKASI HIPERPERSONAL

Subagiono, Denny (2014) PENDAPAT PENGGUNA BLACKBERRY MESSENGER TENTANG PENGALAMAN KOMUNIKASI HIPERPERSONAL. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dennysubag-35651-1-pendahul-n.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dennysubag-35651-2-babi.pdf

Download (136kB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian ini adalah melihat bagaimana komunikasi hiperpersonal dilakukan pada media komunikasi Blackberry Messanger melalui pengalaman-pengalaman komunikasi yang dilakukan oleh pengguna Blackberry Messanger. Berdasarkan pengalaman tersebut, peneliti dapat mengetahui komunikasi seperti apa yang tidak dapat dilakukan secara face to face dan bagaimana pengguna melakukan komunikasi hiperpersonal, di mana pesan-pesan non-verbal yang dilakukan ketika berkomunikasi secara bertatap muka kini disampaikan secara verbal melalui Blackberry Messanger. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian fenomenologis, serta menggunakan teknik wawancara yang mendalam untuk mendapatkan data. Interpretasi data kualitatif dimulai dari berbagai data yang berhasil dikumpulkan peneliti di lapangan. Untuk menentukan para pengguna Blackberry Messanger yang menjadi informan pada penelitian, digunakan metode Purposive Sampling dengan menentukan informan berdasarkan kriteria yang ditentukan oleh peneliti, yaitu: jangka waktu yang cukup lama dalam menggunakan Blackberry, menggunakan Chat Room Blackberry Messanger media komunikasinya, dan memiliki hubungan pertemanan yang cukup dekat dengan peneliti sehingga memudahkan dalam melakukan wawancara mendalam. Informan yang ditetapkan berada dalam List Contact peneliti sehingga peneliti dapat memantau secara langsung aktifitas komunikasi hiperpersonalnya. Berdasarkan spesifikasi tersebut peneliti memilih 3 orang yang dirasa berkompeten untuk menjadi informan penelitian. Untuk mendapatkan data yang diperlukan peneliti menggunakan teknik wawancara mendalam dengan 13 panduan pertanyaan yang juga dikembangkan ketika melakukan wawancara terhadap informan. Pengalaman-pengalaman informan membuat komunikasi hiperpersonal tergambar jelas dan terlihat bagaimana komunikasi tersebut dilakukan. Informan memaparkan bahwa ketertarikan menggunakan Blackberry Messanger didasarkan pada sifat komunikasi hiperpersonal yang asynchronous atau tidak dengan waktu yang bersamaan, yang memungkinkan pengguna untuk mendapatakan cukup waktu dalam mengolah presentasi diri dan menyusun pesan yang disampaikan. Dalam pengungkapan diri melalui Blackberry Messanger, informan memanfaatkan fasilitas seperti Display Picture, Screen Name, dan Personal Status sebagai media untuk membentuk persepsi orang tentang dirinya. Selain itu informan juga mengalami atribusi terhadap pengguna lain, dimana perilaku berkomunikasi yang ditunjukan oleh pengguna lain membuat informan mendeskripsikan orang tersebut ke dalam beberapa kriteria yang mereka beri sebutan sendiri. Komunikasi hiperpersonal yang dimediasi melalui komputer membuat komunikasi non-verbal pada komunikasi face to face seperti gesture tubuh, mimik muka, dan nada bicara tidak dapat ditunjukan. Berdasarkan pengalaman yang dipaparkan, informan menunjukan hal tersebut dengan menggunakan emoticon dan autotext untuk merepresentasikan bahasa non-verbal ke dalam bentuk teks. Dengan begitu, informan dapat membentuk kesan ke pada lawan bicara tentang emosi yang sedang mereka alami dan juga dapat memperkuat pesan yang akan disampaikan. Hal-hal yang tidak dapat dilakukan pada komunkasi bertatap muka justru menjadikan komunikasi melalui media Blackberry Messenger lebih menarik. Komunikasi hiperpersonal membuat pengguna merasa sangat tergantung pada Blackberry dalam Berkomunikasi sehari-hari, sehingga menjadikan pengguna lebih memilih melakukan komunikasi dengan orang lain secara hiperpersonal dibandingkan dengan berkomunikasi secara langsung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 04 Apr 2016 03:35
Last Modified: 04 Apr 2016 03:35
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24298

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo