UMM Institutional Repository

PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS EQ DAN SQ UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER AKHLAKUL KARIMAH PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 6 DAU

Rahma, Ria Cahya Kurnia (2014) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS EQ DAN SQ UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER AKHLAKUL KARIMAH PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 6 DAU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-riacahyaku-35850-2-babi.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-riacahyaku-35850-1-pendahul-n.pdf

Download (580kB) | Preview

Abstract

Pada saat ini banyak prilaku menyimpang yang dilakukan pelajar, contohnya seperti sex bebas, tawuran pelajar, aborsi, narkotika dll, salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk mencegah hal di atas adalah dengan cara menerapkan pendidikan karakter berbasis EQ dan SQ di sekolah, sehingga nantinya selain kecerdasan intelektual yang di dapat dalam mata pelajaran sehari-hari, siswa juga akan memiliki kecerdasan secara emosional dan spritual. Adanya keseimbangan antara IQ, EQ dan SQ dapat mencetak generasi muda penerus Bangsa yang cerdas dan berakhlaqul karimah. Salah satu sekolah yang menerapkan pendidikan karakter berbasis EQ dan SQ adalah SMP Muhammadiyah 06 Dau, sehingga peneliti malaksanakan penelitian di sana menggunakan teknik kualitatif, dengan tujuan: (1) mendiskripsikan Implementasi penerapan pendidikan karakter berbasis EQ dan SQ untuk mengembangkan karakter Akhlaqul karimah pada siswa SMP Muhammadiyah 06 Dau, (2) mendiskripsikan faktor penghambat dan penunjang pelaksanaan pendidikan karakter berbasis EQ dan SQ untuk mengembangkan karakter Akhlaqul karimah pada siswa SMP Muhammadiyah 06 Dau, (3) mendiskripsikan upaya yang harus dilakukan untuk mengatasi hambatan pelaksanaan pendidikan karakter berbasis EQ dan SQ untuk mengembangkan karakter Akhlaqul karimah pada siswa SMP Muhammadiyah 06 Dau. Dari Penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa: (1) penerapan pendidikan karakter berbasis EQ dan SQ di SMP Muhammadiyah masih belum berjalan dengan maksimal (2) faktor penghambat pelaksanaan pendidikan karakter berbasis EQ dan SQ adalah kurangnya teladan yang baik dari orang tua ketika siswa berada di rumah sedangkan faktor pendukungnya adalah tersedianya fasilitas dan tata tertib yang dibuat dalam pelaksanaan pendidikan karakter berbasis EQ dan SQ, (3) upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hambatan yang ada dengan cara memberikan sanksi yang mendidik bagi siswa yang melanggar dan melakukan pendekatan dan kerjasama dengan orang tua siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Pancasila and Civics Education
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 04 Apr 2016 03:33
Last Modified: 04 Apr 2016 03:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24297

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo