UMM Institutional Repository

Pengaruh Hasil Ekstraksi Temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb.) Menggunakan Pelarut Etanol dengan Konsentrasi yang Berbeda Terhadap Daya Hambat Bakteri Aeromonas hydrophila yang Menyerang Ikan Nila (Oreochromis niloticus)

ASTUTI, RESTU PUTRI (2014) Pengaruh Hasil Ekstraksi Temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb.) Menggunakan Pelarut Etanol dengan Konsentrasi yang Berbeda Terhadap Daya Hambat Bakteri Aeromonas hydrophila yang Menyerang Ikan Nila (Oreochromis niloticus). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-restuputri-37782-2-babi.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-restuputri-37782-1-pendahul-n.pdf

Download (539kB) | Preview

Abstract

Penelitian dengan judul Pengaruh Hasil Ekstraksi Temulawak (Curcuma xanthorriza Roxb.) Menggunakan Pelarut Etanol dengan Konsentrasi yang Berbeda Terhadap Daya Hambat Bakteri Aeromonas hydrophila yang Menyerang Ikan Nila (Oreochromis niloticus) dilaksanakan di Laboratorium Perikanan Fakultas Pertanian – Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang pada tanggal 1 Maret sampai 26 April 2014. Materi yang digunakan adalah temulawak, bakteri Aeromonas hydrophila sebagai bakteri uji dan ikan nila sebagai ikan uji. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh hasil ekstraksi temulawak menggunakan pelarut etanol dan untuk mendapatkan dosis efektif yang memberikan pengaruh terbaik terhdap daya hambat bakteri Aeromonas hydrophila yang meliputi uji MIC (Minimun Inhibitor Concentration) dan lebar zona hambatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Dalam penelitian ini terdapat lima perlakuan dengan berbagai macam dosis yaitu perlakuan (P1: 5%), (P2 : 10%), (P3 : 15%), (P4 : 20%) dan (P5 : 25%), dimana masing – masing perlakuan diulang sebanyak tiga kali. Parameter utama yang digunakan adalah lebar zona hambatan. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan ANAVA dan dilanjutkan dengan uji BNT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian konsentrasi ekstrak temulawak yang berbeda berpengaruh sangat nyata terhadap lebar zona hambatan bakteri Aeromonas hydrophila yang terbaik pada perlakuan P5 dengan konsentrasi 25% dengan lebar zona hambatan 9,3 mm.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Faculty of Agriculture and Animal Husbandry > Department of Fishery (54242)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 04 Apr 2016 03:06
Last Modified: 04 Apr 2016 03:06
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24281

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo