UMM Institutional Repository

PENGARUH PENAMBAHAN SARI WORTEL (Daucus carrota) PADA PAKAN IKAN TERHADAP KECERAHAN WARNA IKAN BADUT (Amphiprion ocellaris)

PUTRI, RIMA YULIANDA (2014) PENGARUH PENAMBAHAN SARI WORTEL (Daucus carrota) PADA PAKAN IKAN TERHADAP KECERAHAN WARNA IKAN BADUT (Amphiprion ocellaris). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rimayulian-36257-2-babi.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rimayulian-36257-1-pendahul-n.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 10 Januari sampai tanggal 15 Februari 2014, bertempat di Unit Pengelola Budidata Laut (UPBL) Situbondo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan sari wortel (Daucus carrota) pada pakan terhadap kecerahan warna ikan Badut (Amphiprion ocellaris) dan untuk mendapatkan dosis minimum penambahan beta karoten untuk dapat meningkatkan kecerahan warna ikan Badut (Amphiprion ocellaris). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), sedangkan analisa data dilakukan dengan menggunakan Uji Kruskal-Wallis. Perlakuan dalam penelitian ini terdiri dari 6 perlakuan dan masing-masing diulang 3 kali. Perlakuan yang diberikan adalah penambahan dosis 35 ppm beta karoten (P1), 40 ppm beta karoten (P2), 45 ppm beta karoten (P3), 50 ppm beta karoten (P4), 55 ppm beta karoten (P5) dan tanpa penambahan sari wortel (K). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan sari wortel dapat meningkatkan kecerahan warna ikan Badut. Pengamatan dilakukan secara visual kemudian dibandingkan dengan color chart dan diberi rangking sesuai tingkat kecerahan warna tubuh ikan Badut. Perhitungan Uji Kruskal-Wallis menunjukkan penambahan sari wortel dengan dosis 40 ppm beta karoten telah dapat meningkatkan kecerahan warna ikan Badut. Tingkat kecerahan yang muncul pada dosis 40 ppm beta karoten telah dapat meningkatkan kecerahan warna mencapai skor 3 pada color chart dengan rangking 10,67. Perlakuan K dan P1 menunjukkan berbeda nyata dengan perlakuan P2, P3, P4 dan P5, sedangkan antara perlakuan P2, P3, P4 dan P5 tidak berbeda nyata. Dari hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa penambahan wari wortel dengan dosis 40 ppm beta karoten telah dapat meningkatkan kecerahan warna ikan Badut, namun dosis ini masih belum maksimal dikarenakan tidak dapat mencapai skor tertinggi pada color chart.Penambahan sari wortel tidak mempengaruhi pertumbuhan ikan Badut dengan pertambahan panjang rata-rata 0,296 cm. Pengamatan kualitas air selama penelitian ini meliputi nilai derajat keasaman (pH), suhu, dan salinitas. Derajat keasaman (pH) rata-rata 8, kemudian suhu rata-rata 28 oC, salinitas berkisar antara 32 – 33 ppt. Untuk meningkatkan kecerahan warna ikan badut dapat digunakan penambahan sari wortel dengan dosis 40 ppm beta karoten. Kata Kunci : Pakan, Sari Wortel (Daucus carrota), Kecerahan Warna, Beta Karoten, Ikan Badut (Amphiprion ocellaris).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Faculty of Agriculture and Animal Husbandry > Department of Fishery / Aquaculture (54250)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 04 Apr 2016 02:58
Last Modified: 04 Apr 2016 02:58
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24275

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo