UMM Institutional Repository

PENCITRAAN DAERAH KABUPATEN TUBAN MELALUI MEDIA KAOS MERK LEGEND (Studi pada Produsen kaos merk Legend di Jalan Basuki Rahmat No. 105 Tuban)

RUDIANTO, EVI (2014) PENCITRAAN DAERAH KABUPATEN TUBAN MELALUI MEDIA KAOS MERK LEGEND (Studi pada Produsen kaos merk Legend di Jalan Basuki Rahmat No. 105 Tuban). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-evirudiant-35795-1-pendahul-n.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-evirudiant-35795-2-babi.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh fenomena salah satukaos merek Legend yang dijadikan pencitraan daerah Kabupaten Tuban. Kaos Legend telah melakukan inovasi dalam mengenalkan keanekaragaman Kabupaten Tuban melalui media kaos. “Legend” adalah sebuah merk yang bergerak memproduksi kaos. Dalam kaos tersebut didesain dengan gambar/sablon yang identik dengan Kabupaten Tuban. Jadi, kaos tersebut dijadikan sebuah media untuk mengenalkan keanekaragaman Kabupaten Tuban ke mata pubik, baik publik internal maupun eksternal. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pencitraan Kabupaten Tuban melalui media kaos merek Legend. Tujuandaripenelitianiniuntukmengetahuipencitraan daerah kabupaten Tuban melalui media kaos merek Legend. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara yang digunakan adalah wawancara mendalam secara bertatap muka dan beberapawawancara via Email. Informan dari penelitian ini adalah pemilik dari kaos merek Legend yaitu orang yang benar-benar memahami tentang seluk beluk kaos merek Legend baik manajemennya maupun hubungan dengan publik kaos Legend Hasil penelitian dari pencitraan daerah Kabupaten Tuban melalui media kaos merek Legend menunjukan bahwa pencitraan Kabupaten Tuban dilakukan melalui desain-desain kreatif yang ada pada desain kaos Legend. Berawal dari penentuan ide dan gagasan yang digali dari berbagai sumber, baik buku maupun sumber yang lainya. Dari ide dan gagasan tersebut kemudian di visualkan menjadi desain kaos yang menarik dan mudah dimaknai. Desain-desain tersebut tidak hanya gambar semata, tetapi juga berupa tulisan yang bermakna sejarah bahkan motivasi.Pembuatan desain-desain pencitraan pada kaos Legend dilakukan secara bertahap, tahap pertama bertugas membuat ide dan gagasan tentang tema pencitraan apa yang akan dilakukan. Tahap kedua dilakukan desain grafis yang nantinya akan membuat ide dan gagasan dari orang pertama kedalam bentuk desain visual. Agar menghasilkan desain pencitraan yang baik perlu keterpaduan antara pembuat ide dan gagasan dengan ahli desain. Natinya desain yang dihasilkan dari pengolahan ide dan gagasan tersebut bisa menjadi desain yang menarik dan mudah dimaknai oleh konsumen, sehingga komunikasi pencitraan bisa tersampaikan dengan baik. Untuk menghasilkan pencitraan Kabupaten Tuban yang memiliki kesan tersendiri, maka dalam pembuatan desain kaos diberikan sentuhan mengenai sejarah. Adanya sentuhan sejarah ini diharapkan konsumen bisa memiliki kesan kesejarahan Kabupaten Tuban setelah melihat dan memaknai pesan yang terkandung dalam desain-desain kaos Legend

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 04 Apr 2016 02:47
Last Modified: 04 Apr 2016 02:47
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24266

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo