UMM Institutional Repository

KAJIAN APLIKASI PUPUK KASCING PADA TIGA JENIS TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.) DENGAN PERBANDINGAN MEDIA YANG BERBEDA

Rahmadani, Affrilia Zat Ira (2015) KAJIAN APLIKASI PUPUK KASCING PADA TIGA JENIS TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.) DENGAN PERBANDINGAN MEDIA YANG BERBEDA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-affriliaza-38368-2-bab1.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-affriliaza-38368-1-pendahul-n.pdf

Download (496kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), permintaan komoditas selada di Indonesia secara umum terus meningkat. Tetapi permintaan tersebut tidak diimbangi dengan jumlah produksi. Salah satu cara untuk meningkatkan jumlah produksi yaitu dengan pemupukan. Pupuk kascing merupakan jenis pupuk organik yang mengandung unsur hara yang dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman khususnya jenis sayuran. Penelitian dilaksanakan bulan Desember 2013 sampai dengan bulan Maret 2014. Percobaan ini dilakukan menggunakan Rancangan Petak Terbagi (RPT) yang disusun berdasarkan Rancangan Acak Kelompok. Faktor pertama sebagai petak utama adalah jenis selada (V) terdiri dari tiga taraf yaitu Selada daun hijau, Selada daun merah dan Selada rapuh, dan faktor kedua sebagai anak petak perbandingan media tanam (M) yaitu terdiri dari empat taraf, yaitu tanah : kascing = 1 : 0 (kontrol), tanah : kascing = 1 : 1, tanah : kascing = 1 : 2, dan tanah : kascing = 1 : 3. Sampel tiap perlakuan lima tanaman dan diiulang tiga kali. Variabel pengamatan meliputi : suhu dan pH harian media cacing, analisa unsur hara kascing, tinggi tanaman (cm), jumlah daun (helai), luas daun (cm2), berat basah panen (g) dan berat kering panen (g). Data dianalisis secara bertahap sesuai dengan tujuan dalam penelitian, menggunakan uji F dan uji lanjut Duncan 5%. Berdasarkan analisis ragam, menunjukkan interaksi jenis selada dan perbandingan media berpengaruh tidak nyata terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman selada. Hal tersebut diduga karena setiap jenis selada memiliki pertumbuhan yang berbeda-beda sesuai dengan sifat genetik masing-masing. Jenis selada yang menunjukkan pertumbuhan yang baik adalah selada rapuh. Pada perbandingan media yang memberikan pengaruh baik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman selada adalah perbandingan tanah : kascing = 1 : 3 atau lebih karena belum dicapai dosis optimal untuk jenis tanaman selada.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture and Animal Husbandry > Department of Agronomy (54211)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 04 Apr 2016 02:34
Last Modified: 04 Apr 2016 02:34
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24256

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo