UMM Institutional Repository

MITOS PEREMPUAN KARIR DALAM MAJALAH FASHION DAN LIFESTYLE ( Analisis Semiotik pada Majalah ELLE, OK! dan COSMOPOLITAN Indonesia, Edisi Oktober 2013)

Dewi, Preti Tri Isyana Candra (2014) MITOS PEREMPUAN KARIR DALAM MAJALAH FASHION DAN LIFESTYLE ( Analisis Semiotik pada Majalah ELLE, OK! dan COSMOPOLITAN Indonesia, Edisi Oktober 2013). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-pretitriis-36140-1-pendahul-n.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-pretitriis-36140-2-babi.pdf

Download (33kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari pesatnya perkembangan media cetak yaitu majalah perempuan. Dengan perkembangan majalah saat ini yang sedemikian rupa, secara tidak langsung menarik perhatian para pembaca khususnya kaum perempuan masa kini yang memanfaatkan media cetak ini yaitu majalah sebagai pusat informasi dan dijadikan sebuah acuan gaya hidup yang akan diterapkan di dalam kehidupan dan lingkunganya. Didalamnya mereka menampilkan bagaimana kehidupan perempuan urban, bagaimana peran perempuan masa kini sudah mulai banyak perubahan.Tak hanya bagaimana hidup di dalam kemodernisasian, bagaimana mereka menyetarakan gender, meniti karir, menjunjung feminitas, dan menyesuaikan diri dengan arus globalisasi. Kedudukan wanita saat ini sudah sangat jauh berbeda dengan dahulu kala, mereka sudah pandai menunjukan diri dan mencari apa yang mereka butuhkan di era globalisasi ini. Tujuan penelitian ini untuk untuk mengungkap mitos perempuan karir dalam tiga majalah ini yaitu ELLE, OK! dan COSMOPOLITAN Indonesia edisi Oktober 2013, dengan menggunakan dua pendekatan, dalam semiotik teks, yaitu semiotik sosial Halliday dan semiotik Roland Barthes pada gambar. Ruang lingkup penelitian ini adalah tiga buah artikel pada salah satu rubrik dalam tiga majalah, yang dipilih berdasarkan fokus penelitian yaitu mitos perempuan karir. Penelitian ini menggunakan sumber info non manusia, yaitu dokumen sebagai sumber data, dokumen dimanfaatkan untuk menguji, dan menafsirkan, dalam penelitian ini yaitu artikel-artikel mengenai perempuan karir yang dimuat pada rubrik majalah, kemudian menggali data-data dari sumber lain yaitu berupa buku, artikel, internet, jurnal dan refrensi penelitian sebelumnya yang relevan dengan obyek penelitian. Penelitian ini menggunkan metode kualitatif dengan pendekatan interpretatif. Merupakan penelitian yang bermaksud untuk memahami dan menafsirkan feonemena yang terjadi, Dengan cara memfokuskan diri pada tanda, bahasa dan teks sebagai objek kajianya, serta bagaimana menafsirkan dan memahami kode dibalik tanda dan teks tersebut Dari hasil penelitian tiga majalah fashion dan lifestyle ini, perempuan karir dimitoskan sebagai perempuan yang memperdulikan kecantikan, tetap memiliki tanggung jawab dalam lingkup domestik, peran ganda, memiliki kedudukan sejajar dengan laki-laki baik di sektor publik maupun domestik, kaum sosial kelas atas, dan berbudaya konsumtif. Hasil diatas menunjukan bahwa majalah ini memberikan penggambaran yang berbeda mengenai sosok perempuan karir. Majalah-majalah ini mampu menyuguhkan peran ganda dalam profil perempuan karir. Tidak hanya sebagai seorang perempuan karir yag sukses saja, namun mereka bisa juga memerankan sebagai ibu rumah tangga. Dalam hal tersebut tidak sesuai dengan gambaran yang umumnya tentang perempuan karir sebagai sosok yang ambisius dalam pekerjaan, maupun mengabaikan keluarganya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 04 Apr 2016 02:25
Last Modified: 04 Apr 2016 02:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24247

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo