UMM Institutional Repository

PANDANGAN SUMBER BERITA TERHADAP KINERJA JURNALIS (Studi Pada Dinas Pekerjaan Umum Bali)

Rudianto, Deden (2014) PANDANGAN SUMBER BERITA TERHADAP KINERJA JURNALIS (Studi Pada Dinas Pekerjaan Umum Bali). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dedenrudia-36141-1-pendahul-n.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dedenrudia-36141-2-babi.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Kinerja dari seorang wartawan sangat menentukan bagaimana image dari media tempat wartawan tersebut bekerja. Wartawan dituntut untuk bekerja secara profesional, memiliki disiplin yang tinggi serta integritas dalam bekerja. Salah satu prinsip utama kerja wartawan adalah independen dan tidak terikat sumber berita. Dengan menerima amplop dari sumber berita, wartawan tidak lagi bisa menjaga sikap independensinya. Berdasarkan kode Etik Jurnlisatik Pasal 1, 2, 3 dan 6 wartawan Indonesia wajib menayangkan berita berdasarkan kategori berita yang akurat, berimbang, dan tidak beritikad buruk., bekerja secara profesional jujur dan ksatria, tidak mencampurkan fakta dan opini serta wartawan Indonesia tidak menyalahgunakan profesi dan tidak menerima suap. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pandangan sumber berita terhadap kinerja jurnalis pada Dinas Pekerjaan Umum Bali. Penelitihan ini tergolong kedalam jenis penelitian dalam bentuk deskriptif kualitatif yaitu mengumpulkan data mengenai kinerja jurnalis yang memberitakan berita pada Balai Wilayah Sumgai Bali-Penida, Direktorat Jendral Sumber Daya Air, Kementrian Pekerjaan Umum. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa dokumentasi dan wawancara. Hasil Penelitian menunjukan para jurnalis yang memberitakan berita pada Balai Wilayah Sungai Bali-Penida, Direktorat Jendral Sumber Daya Air, Kementrian Pekerjaan Umum beberapa jurnalis kurang memperhatikan kode etik jurnalistik pada beberapa kategori. Hal ini membuktikan bahwa para jurnalis kurang bertanggung jawab terhadap setiap materi berita yang ditayangkan yang berkiatan dengan obyektifitas, unsur fakta yang sebenarnya. Beberapa media yang memang menulis sesuai dengan data dan kenyataan yang terjadi dilapangan, ada juga yang sebaliknya. Beberapa jurnalis memanfaatkan nara sumber, tidak jujur dan dan kurang bertanggung jawab. Beberapa media atau wartawan bodrex yang hanya intermeso mencari data yang akhirnya meminta uang imbalan sebagai biaya transport. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan etika pers belum berfungsi dalam menciptakan profesionalisme kerja, dimana seharusnya etika pers merupakan nilai -nilai moral yang dapat melahirkan sisi profeionalisme dan tanggung jawab dalam suatu bidang pekerjaan. Berdasarkan fakta hasil penlitiian menunjukkan dalam pelaksanan kode etik jurnalistik masih banyak mengalami berbagai macam hambatan, hingga profesionalisme dalam profesi jurnlais belum terwujud secara sempurna.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 04 Apr 2016 02:22
Last Modified: 04 Apr 2016 02:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24245

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo