UMM Institutional Repository

ANALISIS RASIO KEUANGAN SEBAGAI ALAT UNTUK MENGUKUR KINERJA KEUANGAN PADA PT. GUDANG GARAM, Tbk

Afrizal, Goernal (2014) ANALISIS RASIO KEUANGAN SEBAGAI ALAT UNTUK MENGUKUR KINERJA KEUANGAN PADA PT. GUDANG GARAM, Tbk. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-goernalafr-37234-1-pendahul-n.pdf

Download (733kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-goernalafr-37234-2-babi.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur kinerja keuangan pada PT Gudang Garam Tbk ditinjau dari rasio keuangan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik analisis rasio keuangan yaitu perhitungan hasil perbandingan dari dua data finansial dalam laporan keuangan. Selanjutnya data-data rasio keuangan dievaluasi dengan pendekatan time series analysis. Rasio keuangan yang digunakan dalam penelitian ini dikelompokkan ke dalam beberapa kategori diantaranya rasio likuiditas, rasio solvabilitas dan rasio profitabilitas, rasio aktivitas, dan rasio nilai pasar Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kinerja keuangan PT Gudang Garam Tbk ditinjau dari aspek likuiditas dapat dikatakan baik tergambar dari nilai rasio yang tinggi sehingga perusahaan mampu menutupi hutang jangka pendeknya. Solvabilitas perusahaan dapat dikatakan baik tergambar dari tingginya ekuitas pemegang saham dan rendahnya kewajiban jangka panjang sehingga memiliki kemampuan untuk menutupi hutang jangka panjang. profitabilitas perusahaan dapat dikatakan baik karena persuahaan memiliki laba yang besar. aktivitas perusahaan juga dapat dikatakan baik tergambar dari nilai perputaran kas, perputaran modal kerja, dan perputaran persediaan yang meningkat. selanjutnya untuk nilai pasar juga dapat dikatakan baik tergambar dari peningkatan rasio harga terhadap laba dan pembayaran deviden. Kesimpulan dari penelitian ini adalah secara umum kondisi kinerja keuangan perusahaan dalam keadaan baik, perusahaan diharapkan dapat mempertahankan kinerjanya serta meningkatkan efektivitas dalam kinerjanya dengan menekan biaya-biaya yang timbul dari aktivitas operasionalnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 01 Apr 2016 10:38
Last Modified: 01 Apr 2016 10:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24151

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo