UMM Institutional Repository

PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI TOLOK UKUR KINERJA FINANCIAL DAN NON FINANCIAL (Studi kasus pada PT. Asuransi Takaful Keluarga KC Banjarmasin)

Anggeraini, Hasna (2014) PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI TOLOK UKUR KINERJA FINANCIAL DAN NON FINANCIAL (Studi kasus pada PT. Asuransi Takaful Keluarga KC Banjarmasin). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hasnaangge-35706-1-pendahul-n.pdf

Download (987kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hasnaangge-35706-2-babi.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Dalam persaingan dunia bisnis secara global saat ini, pengukuran kinerja tradisional tidak cukup menggambarkan kondisi perusahaan secara keseluruhan. Dengan Balanced Scorecard penilaian kinerja mencakup seluruh aspek yang dapat menggambarkan kondisi perusahaaan, baik internal maupun eksternal. Balanced Scorecard memiliki keunggulan tersendiri, yaitu: komprehensif, koheren, seimbang dan terukur. Dengan keunggulan tersebut Balanced Scorecard menetapkan keempat perspektif untuk mengkur kinerja perusahaan melalui perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Penelitian ini menggunakan tahun data 2010-2012 dan dilakukan pada PT. Asuransi Takaful Keluarga KC Banjarmasin untuk seluruh perspektif. Dalam perspektif pelanggan (nasabah) digunakan indikator pengukuran retensi nasabah, jumlah keluhan (Standart Average Interruption Frequency Index), dan akuisisi nasabah, untuk perspektif bisnis internal, digunakan indikator pengukuran pencapaian target pembukaan polis asuransi dan ketepatan waktu pembayaran klaim. Untuk perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, indikator pengukuran yang digunakan adalah pelatihan karyawan, perputaran karyawan, dan produktivitas karyawan. dan untuk perspektif keuangan, digunakan indicator pengukuran pertumbuhan premi asuransi dan rasio klaim. Hasil dari penelitian ini adalah, penilaian kinerja pada PT. Asuransi Takaful Keluarga KC Banjarmasin dapat dinilai secara lebih menyeluruh, bukan hanya pada sisi keuangan tetapi juga dari sisi non keuangan yaitu perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Dari hasil analisis yang dilakukan, dapat dikatakan kinerja PT. Asuransi Takaful Keluarga KC Banjarmasin mendapat prestasi diatas standar yang telah ditetapkan sebelumnya

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting
Depositing User: Mr Moch. sholeh
Date Deposited: 01 Apr 2016 07:59
Last Modified: 01 Apr 2016 07:59
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24058

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo