UMM Institutional Repository

PELAYANAN KESEHATAN BAGI ANGGOTA PENERIMA BANTUAN IURAN (PBI) BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) DI RUMAH SAKIT Dr.R SOEDARSONO KOTA PASURUAN

YUNIANTIKA, ERZA (2016) PELAYANAN KESEHATAN BAGI ANGGOTA PENERIMA BANTUAN IURAN (PBI) BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) DI RUMAH SAKIT Dr.R SOEDARSONO KOTA PASURUAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-erzayunian-42472-1-pendahul-n.pdf

Download (906kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-erzayunian-42472-2-babi.pdf

Download (603kB) | Preview

Abstract

Pembangunan Kesehatan merupakan salah satu tujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan yang optimal. Pelayanan Kesehatan kepada masyarakat dituntut untuk memberikan pelayanan yang memuaskan dan dijamin aman. Seperti yang tertuang pada UU NO 44 tahun 2009 rumah sakit merupakan institusi pelayanan kesehatan bagi masyarakat dengan karateristik tersendiri, yang dipengaruhi oleh perkembangan ilmu pengetahuan kesehatan, kemampuan teknologi dan kehidupan sosial ekonomi masyarakat. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelayanan kesehatan bagi anggota Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS di rumah sakit Dr.R Soedarsono Kota Pasuruan serta Bagaimana implementasi pasien Penerima Bantuan Iuran (PBI) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di rumah sakit Dr.R Soedarsono Kota Pasuruan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian yang lebih menekankan pada data yang bersifat kalimat dan bukan angka. Adapun sumber data dalam penelitian kualitatif yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Lokasi penelitian dilakukan pada Rumah Sakit Dr.R Soedarsono Kota Pasuruan dan Kantor BPJS cabang Kota Pasuruan. Data ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Pelayanan Kesehatan bagi anggota Penerima Bantuan Iuran (PBI) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di Rumah Sakit Dr.R Soedarsono Kota Pasuruan masih belum optimal. Dengan fasilitas yang kurang nyaman, dapat membuat pasien terganggu istirahatnya. Pelayanan administrasi di rumah sakit ini sudah dikatakan baik, karena pegawai rumah sakit menerima pasien dengan baik dan melayani dengan sepenuhnya tanpa adanya perbedaan didalam memberikan layanan. Berdasarkan data yang diperoleh dilapangan, peneliti menyimpulkan bahwa Pelayanan Kesehatan untuk anggota PBI di Rumah Sakit Dr.R Soedarsono Kota Pasuruan sudah baik. Akan tetapi dalam memberikan pelayanan pihak rumah sakit lebih ditingkatkan lagi, agar masyarakat mengerti bahwa untuk anggota PBI di Rumah Sakit Dr.R.Soedarsono ini dapat memberikan pelayanan dengan baik tanpa melihat statusnya dan nantinya Rumah Sakit mendapatkan respon positif di masyarakat lainnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 01 Apr 2016 01:58
Last Modified: 01 Apr 2016 01:58
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24018

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo