UMM Institutional Repository

HUBUNGAN KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI KOTA BIMA

ANDANG, (2015) HUBUNGAN KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI KOTA BIMA. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-andang2012-39758-1-pendahul-n.pdf

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-andang2012-39758-2-babi.pdf

Download (224kB) | Preview

Abstract

Kompetensi kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran memfokuskan pada pelayanan prima yang diberikan kepada peserta didik agar mencapai prestasi yang meningkat. Sedangkan kompetensi pedagogik guru merupakan kemampuan guru dalam mengelola program pembelajaran, baik dalam tahapan merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, maupun mengembangkan potensi peserta didik, yang kesemuanya itu dilakukan dalam rangka peningkatan prestasi belajar siswa pada tingkat satuan pendidikan. Prestasi belajar siswa di SMA Negeri Kota Bima berdasarkan Nilai Ujian Akhir Nasional (NUAN) tahun pelajaran 2012/2013 menunjukan hasil yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui dan menganalisis hubungan kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dengan prestasi belajar siswa di SMA Negeri Kota Bima, 2) untuk mengetahui dan menganalisis hubungan kompetensi pedagogik guru dengan prestasi belajar siswa di SMA Negeri Kota Bima, dan 3) untuk mengetahui dan menganalisis hubungan kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dan kompetensi pedagogik guru dengan prestasi belajar siswa di SMA Negeri Kota Bima. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional, yaitu mencari hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen yang ditetapkan. Jumlah populasi dalam penelitian ini diambil dari jumlah guru dan siswa pada jurusan IPA mata pelajaran yang diujikan secara nasional yang ada di SMA Negeri Kota Bima, yaitu masing-masing sebanyak 182 guru dan 900 siswa, sehingga jumlah sampel yang diambil sebanyak 90 orang. Pengambilan sampel tersebut dilakukan secara random dengan teknik cluster random sampling dari jumlah siswa yang ada. Sedangkan sampel guru mengikuti jumlah sampel siswa karena unit of analisys dalam penelitian ini adalah siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) terdapat hubungan antara kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dengan prestasi belajar siswa di SMA Negeri Kota Bima yaitu sebesar 15,2%; 2) terdapat hubungan antara kompetensi pedagogik guru dengan prestasi belajar siswa di SMA Negeri Kota Bima, yaitu sebesar 19,9%; dan 3) terdapat hubungan secara bersama-sama antara kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dan kompetensi pedagogik guru dengan prestasi belajar siswa di SMA Negeri Kota Bima, yaitu sebesar 26,8%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat diajukan rekomendasi agar dapat meningkatkan kompetensi kepala sekolah dan guru dengan mengadakan berbagai kegiatan seperti pelatihan, workshop, seminar, maupun menekankan pada penelitian tindakan kelas. Dengan demikian, kepala sekolah dan guru akan dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara profesional, sehingga prestasi belajar siswa yang meningkat dapat diwujudkan.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 31 Mar 2016 09:52
Last Modified: 31 Mar 2016 09:52
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24015

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo